Bupati Pemalang, Junaedi. Foto: humas pemkab

PEMALANG (Jatengdaily.com)– Tingkat partisipasi pemilih dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Pemalang rata-rata mencapai 75%. Angka tersebut diperoleh dari TPS di 28 desa yang menggelar pilkades serentak.

Hal itu disampaikan Bupati Pemalang, Junaedi, usai memantau pelaksanaan pilkades di Desa Sokawangi Kecamatan Taman. Selain Sokawangi, Selain Sambeng, Bupati Junaedi juga mengunjungi TPS di Desa Cibelok (Taman) dan Desa Sambeng (Bantarbolang).

“Tingkat partisipasi masyarakat dalam melaksanakan pemilihan sangat tinggi, hal ini terbukti dari data dari petugas di TPS yang mencapai rata- rata 75%. Bahkan ada yang mencapai hingga 80%,” ujar Junaedi, Selasa (29/12/2020).

Menurutnya, penyelenggaraan pilkades serentak telah sesuai dengan ketentuan penerapan protokol kesehatan.

Lebih lanjut, Junaedi meminta jajarannya dan masyarakat bersinergi untuk menjaga kondusivitas lingkungan masing-masing,   sehingga kades terpilih nantinya diharapkan dapat melaksanakan tugas dengan baik.

“Harapan saya setelah proses demokrasi ini selesai, ya selesai. Yang menang  memberikan penghormatan kepada yang belum menang, dan yang kalah jangan terpuruk. Karena proses demokrasi ini terus menerus,” kata Junaedi. she