Peduli Lingkungan, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Dukung Program Bank Sampah

Mahasiswa KKN UIN Walisongo mendukung program bank sampah di Desa Balapulang kulon. Foto. Dok

SLAWI (Jatengdaily.com) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN RDR) ke-75 Kelompok 115 UIN Walisongo Semarang mendukung program Bank Sampah di Desa Balapulang Kulon, Kabupaten Tegal, Sabtu (31/10/2020).

Nur Amalia selaku anggota KKN UIN Walisongo menyebutkan, tujuan diadakannya kegiatan tersebut untuk membantu penangan masalah sampah di Desa Balapulang Kulon. “Masalah sampah kan sangat rentan merusak lingkungan, apalagi sampah plastik yang daur ulangnya begitu lama, dan di desa Balapulang Kulon juga ada program bank sampah. Jadi kami membantu dalam pengumpulan dan pengolahan sampah di desa sembari belajar untuk penanganan masalah sampah ini” ungkapnya.

Persoalan sampah yang masih menjadi masalah lingkungan, menjadi latar belakang terbentuknya “Bank Sampah Bersih Berkah” di Desa Balapulang Kulon ini, untuk menjaga lingkungan dengan upaya penanganan sampah yang efektif.

“Adanya Bank Sampah Bersih Berkah yaitu untuk menanamkan rasa kepedulian lingkungan bagi masyarakat atau setidaknya mengurangi sampah yang berserakan, terutama sampah plastik di Desa Balapulang kulon” tutur Ulfah Gunarti, Direktur Bank Sampah Bersih Berkah.

Bank sampah tesebut dikelola oleh enam orang dan dinaungi oleh BUM Des Mitra Jaya, yang sudah berjalan hampir satu tahun. “Kami mendapat pengukuhan sebagai pengurus Bank Sampah Bersih Berkah sejak 8 Desember 2019 di Balai Desa, selain itu kami juga sudah mendapatkan sosialisasi dan pelatihan dari Dinas Lingkungan Hidup mengenai pengelolaan Bank sampah ini” pungkasnya. Penulis Berita: Syifaun Nadiyah–st