Hari Pers Nasional (HPN) 2020 turut diperingati puluhan siswa SMP Muhammadiyah 1 Adiwerna, Kabupaten Tegal. Foto; wing

TEGAL (Jatengdaily.com)-  Hari Pers Nasional (HPN) 2020 turut diperingati puluhan siswa SMP Muhammadiyah 1 Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Momen yang jatuh tiap 9 Februari itu diperingati dengan aksi bersih-bersih pantai bersama wartawan.

Kegiatan tersebut digelar di kawasan Pantai Alam Indah (PAI), Kelurahan Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Sabtu (8/2/2020) pagi sekitar pukul 08.00 WIB. Sekitar 70 siswa dari kelas 7, 8, dan 9 bersama-sama sejumlah wartawan dari media cetak, online, dan elektronik memunguti sampah yang mengotori pantai.

Sampah yang banyak berserakan di sepanjang pantai antara lain plastik, sedotan, botol air mineral, dan bungkus makanan. Sampah-sampah yang berasal dari laut dan sisa pengunjung pantai tersebut kemudian dikumpulkan menjadi satu dalam kantong plastik besar.

Salah satu siswa kelas 8, Neplin mengaku senang bisa ikut bersih-bersih pantai bersama wartawan dari berbagai media nasional dan lokal. “Biar pantainya tidak banyak sampah lagi dan untuk menjaga kelestarian alam,” ujarnya.

Selain bersih-bersih pantai, peringatan HPN tersebut juga diisi dengan acara Ngobrol Santai Bareng Wartawan yang sengaja diadakan pihak sekolah agar siswa bisa mengetahui tugas, cara kerja, dan lika-liku pengalaman wartawan dalam menjalankan profesinya.

Dalam kesempatan itu, wartawan Indosiar-SCTV, Kuncoro Wijayanto tak hanya berbagi ilmu dan pengalaman, tetapi juga mengajak para siswa untuk bijak dalam menggunakan media sosial dengan tidak asal menyebarkan informasi yang didapat dari media sosial dan tidak jelas sumbernya.

“Karena bisa jadi informasi yang beredar itu informasi yang tidak benar atau hoaks sehingga kalau ikut menyebarkan akan semakin banyak orang yang tersesat informasi yang tidak benar,” ujarnya.

Humas SMP Muhammadiyah 1 Adiwerna, Nur Wiwik Ubaedah mengatakan, wartawan memiliki tugas penting dalam menyampaikan informasi yang benar dan sesuai fakta kepada masyarakat.

“Wartawan sangat berarti bagi kami, sangat membantu sekali sehingga kami ikut menyambut Hari Pers Nasional. Melalui kegiatan ini, harapannya bisa mempererat silaturahmi dengan wartawan yang bertugas di Tegal,” ujarnya. Wing-she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here