Pemain PSIS Disuntik Imunisasi

0
67
Pemain PSIS disuntik imunisasi. Foto mediapsis

SEMARANG (Jatengdaily.com) – PSIS Semarang melakukan imunisasi kekebalan tubuh kepada semua pemain di tengah merebaknya wabah Virus Corona (COVID -19) saat ini.

Dengan menggandeng Klinik Kimia Farma Semarang, tim dokter PSIS melakukan vaksinasi ini di mess pemain Jalan Semeru Dalam Semarang Jumat (20/3/2020).

Dokter tim dr Alfan Nur Asyhar menjelaskan penyuntikan vaksin kepada pemain sebagai salah satu cara menjaga kesehatan pemain. Sebelumnya juga sudah dilakukan pemberian masker, sarung tangan, dan penyemprotan disinfektan beberapa waktu lalu.

“Program ini vaksinasi hepatitis B dan influenza, hal ini sebagai salah satu cara PSIS Medical Department menjaga kondisi tubuh pemain supaya tetap sehat dan bugar dalam menjalani aktivitas sehari-hari,” kata Alfan.

Eks dokter tim Bhayangkara FC ini menambahkan pihaknya memilih melakukan vaksinasi karena saat ini tidak sembarang orang bisa tes Corona di rumah sakit karena terbatasnya alat yang tersedia.

“Jadi kenapa kami belum tes Corona, karena tidak sembarang orang bisa langsung tes. Syarat setiap orang yang harus tes adalah orang-orang yang memiliki gejala dan mereka memang harus diprioritaskan,” tambahnya.

Alfan menjelaskan secara spesifik vaksin COVID -19 belum ada. Namun pihaknya tetap mengambil langkah cepat dan spesifik dengan memberikan vaksin influenza.

“Beberapa keuntungan dari vaksin ini antara lain membuat fungsi imun pemain terbentuk dari penyakit influenza karena gejala COVID -19 ini juga hampir mirip influenza” jelasnya.

Sedangkan vaksin hepatitis B berguna melindungi fungsi hati/liver pemain dari berbagai patogen baik virus/bakterial.

Sementara itu PSIS memutuskan latihan rutin tim dilakukan secara tertutup baik untuk umum dan awak media di Stadion Citarum Semarang. Awak media hanya diberikan kesempatan mengambil foto di area tribun penonton dan sesi tanya jawab ditiadakan sementara waktu. zia-yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here