Pelaku pembakaran Alquran di Pemalang ditangkap polisi. Foto: wing

PEMALANG (Jatengdaily.com)- Seorang pria yang belum diketahui identitasnya diamankan Polres Pemalang karena diduga telah membakar Alquran persis di depan Rutan Kelas 2B di kawasan Alun-alun Pemalang, Kamis (30/1/2020) siang. Ulahnya itu sempat membuat warga cemas dan melaporkannya ke polisi.

Diceritakan pedagang, Triyana, yang berjualan di lokasi pembakaran, awalnya sekitar pukul 11.00, pelaku datang menggunakan sepeda dari arah timur, lalu berhenti di depan rutan dan membuat perapian. Ia mengenakan berwarna kaus merah dan bercelana pendek. Mulanya tidak ada yang peduli karena dikira hanya membakar buku biasa.

“Ternyata pembeli ada yang lihat kalau yang dibakar Alquran, terus kita langsung lapor polisi,” katanya.

Dia menjelaskan, selama membakar pelaku duduk jongkok di depan perapian sambil memegang kayu, seperti sedang memanggang jagung.

“Yang dibakar banyak, tumpukan, ada yang belum sempat dibakar juga karena polisi keburu menangkapnya,” tambahnya.

Belum diketahui motif pelaku. Namun foto-fotonya kini sudah tersebar di media sosial.

Kapolres Pemalang AKBP Edy Suranta Sitepu melalui Kasubag Humas Iptu Nurkhasan membenarkan informasi dugaan pembakaran kitab suci orang Islam itu. “Iya benar,” katanya.

Pelaku yang bernama Nuril Maarif (34) saat ini sudah diamankan di Polres Pemalang, dan masih dalam pemeriksaan.

Sedangkan yang dibakar, berupa Alquran turut diamankan sebagai barang bukti. Sebanyak tujuh kitab yang dibakar dan ada juga buku tulis. wing-she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here