Kesiapan Polda Jateng untuk membantu sterilisasi fasilitas umum. Foto: adri

SEMARANG (Jatengdaily.com)– Polda Jateng siaga mengerahkan personel untuk membantu sterilisasi tempat-tempat publik untuk mencegah merebaknya virus Corona atau Covid-19 di Jateng.

“Kita ada 132 personel siap bila tenaga kepolisian dibutuhkan bersinergi dengan Dinkes Jateng dan BPBD Jateng,” kata Kepala Biro Operasional Polda Jateng, Kombes Rachmad Widodo, Rabu (18/3/2020).

Dia mengungkapkan dalam upaya melakukan sterilisasi, nantinya akan dibekali pakaian dekontamiasi (hazmat). Pelatihan bertujuan bagaimana cara memberikan bantuan kepada instansi untuk penyemprotan disinfektan di tempat-tempat keramaian.

“Seperti terminal, pasar, tempat ibadah, bioskop, dan lain-lain,” ujar Rachmat.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jateng, Sudaryanto mengatakan apabila dilakukan sterilisasi, ada empat daerah di Jateng yang akan lebih dulu disemprot disinfektan.

“Ada empat kabupaten yang sudah ada itunya. Solo, Magelang, Semarang, dan Purwokerto. Yang lain nanti juga prioritas,” ungkapnya.

Namun, sejauh ini Gubernur Jawa Tengah belum memberikan perintah tentang kegiatan strerilisasi ruang publik. Jika perintah sterilisasi keluar, pihaknya bakal segera melakukan sterilisasi bersama Polda Jateng.

“Nunggu petunjuk Pak Gubernur. Karena penyemprotan ini harus beli disinfektan. Tapi kalau ada percepatan, nanti segera kita lakukan,” kata Sudaryanto.

Dalam melakukan upaya sterilisasi meminta BPBD Kabupaten Kota di Jateng masing-masing mengirimkan sepuluh personel untuk diperbantukan.

“Kita sedang menghitung biaya berapa untuk melakukan kegiatan ini,” tutup Sudaryanto. adri-she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here