Polres Tegal Tangkap Pelaku Pembobol M-Banking

TEGAL (Jatengdaily.com) – Satreskrim Polres Tegal Kota berhasil membekuk Elman Romano (37), warga Kelurahan Tegalsari Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal. Dia diduga merupakan pelaku pembobolan akun m-banking milik tetangganya.

Akibatnya, korban mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah. Ironisnya, pelaku tega menghabiskan uang hasil kejahatannya itu untuk membeli barang-barang mewah dan lainnya.

Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah mengatakan peristiwa itu bermula saat korban meminta pelaku untuk memperbaiki handphone (HP) miliknya. Saat itu, pelaku melihat di dalam galery milik korban, ada foto pin dan password.

“Pada hari berikutnya, korban meminta tersangka untuk menunjukkan cara mengoperasionalisasikan HP-nya itu. Kesempatan itu, kemudian dia manfaatkan untuk mentransfer uang milik korban ke rekening lainnya,” kata Kapolres, Kamis (19/3/2020).

Selanjutnya, kata Kapolres, beberapa hari berikutnya korban kembali meminta kepada pelaku untuk memindahkan semua aplikasi ke HP-nya yang baru. Lagi-lagi kesempatan itu dimanfaatkan pelaku untuk mentransfer uang ke rekening, yang sudah disiapkan tanpa sepengetahuan korban.

“Total korban mengalami kerugian hingga Rp45 juta. Uangnya digunakan pelaku untuk membeli berbagai macam barang elektronik, perlengkapan kerja, dan sisanya masih dipegang pelaku,” jelasnya.

Kapolres menambahkan korban sendiri baru sadar saldonya terkuras, saat mengecek rekeningnya ke bank. Begitu melihat uang di saldo rekeningnya berkurang drastis, dia pun langsung melaporkannya ke Polsek Tegal Barat.

Atas perbuatannya itu, pelaku diancam dengan pasal 362 KUHP dengan ancaman penjara 5 tahun penjara. wing-she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here