Plt Direktur Pendidikan Tinggi Profesi dan Vokasi Kemendikbud Dr Ir Agus Indarjo MPhil (kanan) menyerahkan SK izin perubahan bentuk Stimart AMNI menjadi Universitas Maritim AMNI Semarang kepada Ketua Yayasan Bina Kemaritiman Indonesia Edi Soeprapto. Foto: she

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Sekolah Tinggi Ilmu Maritim dan Transpor (Stimart) AMNI, kini berubah bentuk menjadi Universitas Maritim AMNI Semarang.

Penyerahan SK izin perubahan bentuk Stimart AMNI menjadi Universitas Maritim (UNIMAR) AMNI Semarang diserahkan oleh Plt Direktur Pendidikan Tinggi Profesi dan Vokasi Kemendikbud Dr Ir Agus Indarjo MPhil kepada Ketua Yayasan Bina Kemaritiman Indonesia Edi Soeprapto, di kampus, jalan Soekarno Hatta, Jumat (21/2/2020). Dan disaksikan oleh Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah Jateng, Prof Dr DYP Sugiharto MPd Kons.

Menurut Agus, semakin tinggi status Perguruan Tinggi (PT), maka semakin luas pelayanan pendidikan untuk membuka program studi baru dan jenjang pendidikan, tidak hanya D3, namun D4, S1, S2, dan Doktor.

”Apalagi bidang kemaritiman saat ini sangat dibutuhkan oleh pangsa pasar, baik itu dalam negeri maupun luar negeri,” jelasnya.

Di satu sisi, PT harus nyambung dengan dunia industri dan lapangan kerja. Sehingga lulusannya, bisa dan mudah diterima pangsa kerja. Juga seluruh komponen PT bisa mendorong mahasiswa untuk kreatif. Termasuk kuliah magang, atau praktek kerja lapangan selama satu sampai dua semester – yang disetarakan dengan 20 SKS per satu semester-nya.

”Tren ke depan kebutuhan secara global, menyiapkan sarjana unggul di masyarakat. Lulusan PT mudah diserap di dunia kerja dan juga lulusannya mampu berwirausaha. Kurikulum di kampus harus juga nyambung ke dunia industri dan PT harus bekerjasama dengan dunia Industri,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini juga dilantik rektor dan para wakilnya. Ir Siswadi MT, dilantik menjadi rektor oleh yayasan.

Dengan berubahnya menjadi universitas, menurut Sekretaris Yayasan Bina Kemaritiman Indonesia Drs Agus Aji Samekto MM, maka bertambah juga empat Prodi S1 baru. Yakni meliputi S1 Perdagangan Internasional, Teknik Transportasi Laut, Teknik Mesin dan Teknik Keselamatan.

Praktis, ada delapan prodi saat ini. Tidak hanya bidang kemaritiman tapi juga yang dibutuhkan lapangan pekerjaan. Ke depan, pihaknya akan mengembangkan kampus di Mijen, Gunungpati, Semarang.

Setelah berubah, pihak UNIMAR AMNI sedang mengusahakan pengajuan peningkatan jenjang Prodi D3 ke D4. she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here