in

Tanamkan Disiplin Berlalulintas, Walikota Solo Luncurkan ‘Dalan Slamet’

Pemerintah Kota Surakarta meluncurkan Dalan Slamet (Dolanan Lalu Lintas lan Sinau Keselamatan lan Ketertiban). Foto: Humas Pemkot Solo

SURAKARTA (Jatengdaily.com)– Kesadaran masyarakat untuk berlalulintas mesti ditanamkan sejak dini. Untuk itu, Pemerintah Kota Surakarta meluncurkan Dalan Slamet (Dolanan Lalu Lintas lan Sinau Keselamatan lan Ketertiban), yakni modul pembelajaran lalu lintas bagi siwa Sekolah Dasar dengan permainan interkatif dan memanfaatkan teknologi informatika.

Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo didampingi wakilnya Ahmad Purnomo dan Sekda Ahyani, meluncurkan permainan edukasi lalu lintas tersebut, di Pendapi Gedhe Sala Balai Kota Surakarta, Minggu (30/8/2020). Menurut wali kota, permainan itu sangat bermanfaat dalam memperkenalkan disiplin berlalu lintas sejak dini pada masyarakat Kota Surakarta.

“Anak-anak sekaligus orang tua bisa memahami berlalu lintas yang baik, dan selanjutnya diharapkan disilpin lalu lintas selalu ada di Kota Surakarta,” jelas walikota.

Sementara, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Surakarta Ari Wibowo menjelaskan, dalam permainan itu anak didampingi orang tua atau guru untuk membaca, menulis, melihat, menggunting, menempel dan menata sesuai urutan dalam modul, serta melatih ketertiban, kesabaran dalam permainan.

“Dalan Slamet bertujuan untuk meningkatkan ketertiban dalam berlalu lintas sejak usia dini dan mewujudkan slogan ‘Tertib Berlalulintas Cermin Budaya Wong Solo’,” terangnya.

Dijelaskan, Dalan Slamet terbagi dalam dua level permainan sesuai kemampuan anak. Level 1 untuk anak kelas I sampai III yang terdiri dari sembilan permainan. Dan level 2 kelas IV sampai VI dengan 11 permainan. Permainan tersebut menggunakan dua langkah penyampaian secara virtual melalui chanell YouTube Dalan Slamet, dan facebook yang dapat dinikmati semua pengguna internet. Dan yang kedua melalui training of trainer pada guru SD, di mana SD Cemara 2 dan SD Kestalan ditunjuk sebagai pilot project pelaksanaan permainan ekukasi lalu lintas Dalan Slamet. She

Written by Jatengdaily.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Bareskrim Periksa 105 Saksi Terkait Kebakaran Kejagung, dari Pejabat Hingga Office Boy

Jelang Akhir Masa Jabatannya, Junaedi Jamasan Kereta Kencana