Petugas keamanan BPJAMSOSTEK Cabang Semarang Pemuda terapkan protokol penanganan pencegahan Covid-19 dengan memeriksa suhu tubuh peserta yang datang. Foto: Jatengdaily.com/humas BPJAMSOSTEK

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK khususnya Kantor Cabang Semarang Pemuda telah menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan guna menghadapi kondisi saat ini yaitu pandemi Covid-19.

Adapun SOP pelayanan tersebut diantaranya adalah Petugas Keamanan melakukan pengecekan suhu tubuh peserta yang datang, penyesuaian jam kerja, sterilisasi berkas yang diterima, hingga penerapan Work From Home (WFH) kepada karyawan secara bergiliran.

Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Semarang Pemuda Teguh Wiyono menjelaskan bahwa dalam kondisi saat ini kita harus benar-benar waspada namun tidak panik, banyak cara yang bisa kita terapkan, salah satunya ialah dengan menerapkan SOP Pelayanan yang baik.

Salah satu dari dampak Covid-19 ini adalah perubahan jam layanan BPJAMSOSTEK, dari jadwal sebelumnya yaitu pukul 08.00 – 15.30 WIB kini menjadi pukul 09.00 – 15.00 WIB dan telah dimulai sejak hari Senin 24 Maret 2020 hingga 29 Mei 2020.

Terkait dengan perubahan jam pelayanan tersebut, Teguh mengharapkan agar seluruh peserta BPJAMSOSTEK dapat menyesuaikan waktunya saat mengajukan klaim, sehingga kita semua dapat memutus mata rantai dari penyebaran Covid-19 ini.

“Perubahan jam layanan ini tidak mengurangi semangat kami untuk melayani peserta. Prosedur pelayanan saat ini didukung dengan program Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) yakni dengan menggunakan fasilitas video call dan sarana internet” kata Teguh Wiyono.

“Spanduk dan Banner terkait tata cara Lapak Asik tersebut sudah kita pasang di halaman kantor BPJAMSOSTEK Semarang Pemuda, agar setiap peserta yang datang dapat mengetahui dan menyiapkan persyaratannya, selain itu kita juga sudah memasang iklan layanan masyarakat terkait Lapak Asik tersebut di salah satu stasiun radio di kota Semarang, agar infonya dapat lebih terjangkau oleh setiap peserta BPJAMSOSTEK,” imbuhnya, Kamis (16/4/2020) dalam siaran persnya.

BPJAMSOSTEK Semarang Pemuda juga telah menyediakan beberapa sarana pencegahan Covid-19 untuk para peserta diantaranya, wastafel/tempat cuci tangan, cairan hand sanitizer, penggunaan masker dan sarung tangan serta alat pengukur suhu tubuh thermogun.

“Semoga dengan semua upaya yang telah kita lakukan ini dapat membuat keadaan menjadi lebih baik, sehingga semua aktivitas kita dapat kembali seperti sedia kala,” tutup Teguh Wiyono. she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here