Wakil Rektor III Unissula, Muhammad Qomaruddin ST MSc PhD (berpeci) secara simbolis memberikan bahan makanan sehat kepada mahasiswa yang tidak mudik selama masa darurat Covid-19. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)– Unissula kembali melakukan aksi kemanusiaan dengan memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) untuk tujuh rumah sakit (RS) jejaring dan bantuan bahan makanan sehat bagi mahasiswa yang terdampak pandemi Covid -19 yang telah dilaksanakan di kampus Unissula Jumat (17/4/2020). Gerakan aksi kemanusiaan Unissula peduli negeri ini merupakan aksi yang kedua setelah aksi bantuan APD yang pertama pada tiga April lalu.

Untuk bantuan kedua ini diberikan ke rumah sakit jejaring antara lain: RSI Sultan Agung Semarang, RSUD dr Kariadi Semarang, RSUD KRMT Wongsonegoro, RSUD dr Adhyatma MPH, RSUD dr Suwondo Kendal, RSU Muhammadiyah Gubug, dan RS Bhayangkara.

Penyerahan bantuan bahan makanan sehat secara simbolis diberikan oleh Rektor III Unissula Muhammad Qomaruddin ST Msi PhD. Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa Unissula akan berusaha terus ada untuk negeri selama masa pandemi Corona. Hal itu dilakukan dengan melibatkan seluruh unsur yang cukup lengkap di lingkungan Unissula baik yang ahli bidang kesehatan maupun non kesehatan, Unissula akan terus berkiprah mengambil peran kemanusiaan seoptimal mungkin, semampu yang Unissula bisa. 

Lebih lanjut Qomaruddin mengajak seluruh lapisan masyarakat bergabung bersama Unissula, bahu membahu memberantas Covid-19 sesuai protokol yang dianjurkan oleh pemerintah. “Jangan takut, ada Allah SWT yang membersamai langkah hambanya yang tetap sabar dan terus berikhtiar maksimal disertai senantiasa memohon perlindungan dan keselamatan serta tetap meningkatkan rasa kehambaan terhadap Nya. Aksi kepedulian tidak akan berhenti di hari ini, karena penggalangan donasi akan terus berjalan sesuai dengan kondisi di masa pandemi ini”, ungkapnya.

Sementara itu ketua tim tasforce penanggulangan Covid 19 yang di bentuk Unissula Abdur Rosyid MSc Apt menambahkan penggalangan donasi dilakukan secara apik oleh seluruh civitas akademik Unissula meliputi Pimpinan Universitas, dosen, karyawan dan mahasiswa dan mendapat suport dana dari universitas secara penuh. Hingga bantuan diturunkan dana total yang telah dikelola mencapai kurang lebih Rp 100.000.000.

“Aksi kepedulian ini dapat dikatakan sebagai aksi kasih sayang yang unik. Disebut demikian karena sejak awal dibentuk, team meliputi Pimpinan, dosen, karyawan dan lembaga mahasiswa yang terdiri dari BEM dan SEMA terlihat sangat kompak mulai dari perencanaan, penyiapan serta hari pelaksanaan. Mahasiswa sangat antusias karena gerakan seperti ini merupakan bentuk dedikasi nyata sesuai dengan idealisme serta jiwa altruistik, yaitu keinginan untuk selalu menolong selama masa pandemic”, ungkap Rosyid.

Sementara itu sekertaris tim tasforce Wahyu Endang Setyowati SKM MKep menambahkan bantuan logistik kepada mahasiswa Unissula, berupa bahan makanan sehat diharapkan menjadi salah satu solusi dan bentuk kasih sayang yang ditujukan bagi mahasiswa yang tidak dapat mudik selama masa darurat ini.

Dengan himbauan tetap di rumah kos /kontrakan saja, tentu menjadikan kondisi yang tidak mudah, karena mahasiswa tidak leluasa menjangkau toko dan warung untuk memenuhi kebutuhan pokok. Untuk itulah bantuan ini diberikan, agar mahasiswa yang terdampak Corona tetap merasa tenang dan sehat. 

“Bila dilihat dari bentuk kegiatannya, Unissula memulai gerakan sejak Maret 2020 dengan kegiatan bersih-bersih kampus. Kegiatan tersebut berupa penyemprotan desinfektan di lingkungan Unissula baik yayasan maupun universitas, dilakukan di dalam dan luar gedung. Beberapa titik wastafel dipasang mengikuti protokol yang direkomendasikan pemerintah untuk sering mencuci tangan menggunakan sabun di bawah air mengalir. Pengadaan masker untuk dosen dan karyawan serta pemasangan handsanitizer di setiap unit dan fakultas. Unissula juga melakukan dukungan saat salah satu fakultas di lingkungan Unissula yaitu Magister Teknik Elektro Fakultas Teknologi Unissula membuat chamber disinfektan yang didedikasikan untuk RS jejaring Unissula”, pungkas Endang.she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here