in

Warga Iran Eks Napi Narkoba Dipulangkan

Warga Iran eks napi narkoba dipulangkan ke negaranya. Foto: adri

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Seorang warga negara Iran, Mahdi Rajab Rosta (35), yang juga mantan napi narkoba Lapas Nusakambangan dipulangkan ke negara asalnya di Republik Iran Kamis (20/2/2020). Pemulangan dilakukan setelah bebas dari Lapas Kelas IIA Besi, Nusakambangan, Cilacap.

Kepala Seksi Perawatan dan Kesehatan Rudenim Semarang, Bustomi Wibowo mengatakan saat ini sudah berkoordinasi dengan Kedubes Iran untuk memulangkan Mahdi pada Kamis (20/2) besok ke Teheran, menggunakan pesawat dari jalur imigrasi Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

“Petugas mengawal ketat pemulangannya dari Bandara Ahmad Yani, Semarang lalu lanjut ke Bandara Soekarno-Hatta untuk diterbangkan ke negara asalnya,” kata Bustomi, di kantornya Jalan Hanoman, Krapyak Semarang, Rabu (19/2).

Dia mengungkapkan selama ini Mahdi berstatus sebagai penghuni Deteni di Rudenim Semarang, usai menjalani masa pidana di Lapas Besi, Nusakambangan selama 10 tahun.

“Bebasnya 15 Januari 2020 langsung kita fasilitasi menghuni Detensi sebulan. Maka itu, kita lakukan proses penangkalan atau pencegahan agar mereka tidak kembali ke Indonesia lagi,” jelasnya.

Kasus Mahdi terbilang berat karena pernah jadi narapidana kasus narkotika, sehingga pemulangannya juga akan diawasi dengan ketat.

Kasi Keamanan dan Ketertiban, Rudenim Semarang, Didiet Santoso memastikan bakal mempercepat pemulangan WNA asal Iran tersebut untuk meminimalisasi gangguan keamanan selama di bandara.

“Kita usahakan, perjalanan dari Semarang menuju Jakarta dibuat secepat mungkin agar tidak menganggu keamanan. Sebab sebelumnya, dia terlibat tindak pidana narkoba sehingga terkena hukuman 10 tahun penjara,” terangnya. adri-yds

Written by Jatengdaily.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Program Percepatan, 28 Napi Kedungpane Bebas Bersyarat

Dikukuhkan Pagi Ini, Prof Abu Rokhmad Guru Besar Termuda UIN Walisongo