Dr Sudarman SE MM AK CA CPA. Foto: dok/humas

MALANG (Jatengdaily.com) – Wakil Rektor II Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang, Sudarman SE MM AK CA CPA berhasil meraih gelar Doktor dari Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi, Program Pasca Sarjana Universitas Merdeka (Unmer) Malang, pada Rabu (19/8/2020).

Mengusung disertasi berjudul Pengaruh Love of Money Terhadap Hubungan Antara Independensi, Pengalaman Kerja dan Kinerja Serta Dampaknya Terhadap Kepuasan Kerja Auditor, dia meraih nilai cumlaude.

Sedangkan penelitiannya adalah mengambil sampel auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP) yang terdaftar di Kementerian Keuangan dan memiliki sertifikat yang dikeluarkan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI), di Jabar, jateng dan DKI Jakarta, Jatim, Bali dan Medan.

Menurutnya, inti dari disertasinya disimpulkan bahwa independensi dan pengalaman kerja auditor berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja auditor, independensi dan kinerja auditor berpengaruh signifikan terhadap kinerja auditor  melalui kinerja auditor.

Sedangkan love of money memperkuat independensi auditor terhadap kinerja auditor dan love money juga bisa melemahkan pengalaman kerja auditor terhadap kinerja auditor.

Sedangkan hasil  analisis deskripstif diantaranya menunjukkan bahwa kontribusi membentukan variabel independensi auditor paling besar adalah jasa non auditor, kemudian disusul hubungan dengan klien, dan yang paling rendah adalah tekanan klien dan telaah dari rekan auditor.

Kontribusi pembentukan variabel pengalaman kerja auditor paling besar adalah kepentingan, disusul pelatihan, konsisten dan tugas yang dibebankan, sedangkan  yang paling rendah adalah keahlian.

Disertasi ini di bawah bimbingan promotor Prof Dr Grahita Chandrarin MSi Ak CA dan ko promotor Dr Prihat Asih MSi Ak CSRS.  Penyerahan gelar doktor diberikan oleh Ketua Program Doktor Ilmu Ekonomi, Program Pasca sarjana Universitas Merdeka Malang Dr Achmad Firdiansjah SE MM. she