Bangun Prestasi, YPP 17 Perkuat Toleransi Beragama

Ketua Pembina YPP 17 Prof. Sarsintorini didampingi Rektor Untag Prof. Suparno menyerahkan plakat kepada Romo Ignatius Wignyo Sumarto dan pendeta Paulus Tonny pada acara natal dan tahun baru di kampus Untag, kemarin. Foto:dok

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Yayasan Pembina Pendidikan 17 Agustus 1945 (YPP 17) Semarang yang bercirikan nasionalisme dan berjiwa semangat Pancasila selalu menjunjung tinggi rasa toleransi umat beragama. Hal itu diimplementasikan dengan selalu mengadakan halal bihalal maupun Natal pada setiap tahunnya.

Rasa toleransi ini dapat dilihat pada penyelenggaraan natal kali ini, dimana tidak semua panitianya dari umat nasrani saja, tetapi juga dibantu oleh orang orang muslim, begitu pula sebaliknya pada saat diselenggarakannya halal bi halal.

Demikian disampaikan oleh Ketua Pembina YPP 17 Prof. Dr. Sarsintorini Putra, SH,.MH. saat menyelenggarakan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. di Grha Kebangsaan kampus Untag, kemarin.

Renungan natal disampaikan oleh Romo Ignatius Wignyo Sumarto, MSF. sedangkan doa safaat diberikan oleh Pendeta Paulus Tonny, STh, MM Eng, MPsi.

Perayaan yang bertema “Dengan Hikmat Tuhan YME dan Semangat Natal 2019 serta Tahun Baru 2020 Keluarga Besar YPP 17 Semakin Maju dan Bermartabat”  itu diketuai oleh Drs. Yustinus Setyohadi Pratomo, MSi, serta dihadiri oleh lembaga dibawah naungan YPP 17 yang terdiri dari dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa dari Untag, Akademi Analis Kesehatan 17, Akademi Farmasi 17 dan SMK 17 Semarang, sedangkan tamu undangan dihadiri oleh Unika Soegiyapranata, Univet, Polimarin, Akpelni serta Lurah Gajah Mungkur Semarang.

Ketua Pembina YPP 17 merasa bangga ketika melihat lembaga dibawah naungannya selalu bertoleransi dengan hidup rukun, saling bekerjasama dan bergotong royong, dalam rangka memberikan dukungan kepada yayasan untuk melakukan berbagai  kemajuan, khususnya prestasi dibidang akademik.

Untuk itu Prof. Rini berharap acara natal dan tahun baru ini dapat digunakan sebagai momentum YPP 17 dalam memperkuat toleransi, sehingga yayasan ini dapat menjadi lebih maju, berdaya saing, bermartabat dan unggul disegala bidang.

Rektor Untag Prof. Dr. Drs. Suparno, MSi mengatakan bahwa perayaan natal dan tahun baru ini sebagai upaya untuk membangun toleransi, membangun jalinan silaturahmi bersama, dengan demikian akan terwujud persatuan dan kesatuan sebagai modal menjadikan Untag kembali jaya.

Ditahun 2020 ini, Rektor telah mengajak untuk melakukan satu perubahan, yang dilakukan dengan cara bekerja keras, bergerak cepat dan bertindak tepat yang dilandasi moral yang tinggi.

Pepatah mengatakan “hujan lebat itu diawali dengan gerimis, orang hebat itu diawali dengan optimis”. Untuk itu mari ditahun 2020 ini kita harus selalu optimis untuk menatap kedepan yang lebih baik, dan hal ini sudah diawali oleh Program studi Hukum Program Sarjana yang telah mendapatkan akreditasi A selama tiga kali berturut turut, dan ditahun ini pula program studi Manajemen, Magister Manajemen dan Prodi yang ada di Fisip harus terakreditasi A, dengan demikian akreditasi institusi Untag diharapkan pada tahun 2021 insyallah juga akan terakreditasi A, ”tuturnya. st

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here