Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol M Rudy Syafirudin di dampingi Kabid Humas Kombes Pol M. Iqbal Asik. Foto:Polda

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol M Rudy Syafirudin didampingi Kabid Humas Kombes Pol M. Iqbal Asik mengatakan angka Covid-19 di Jawa Tengah menurun berkat  pelaksanaan kegiatan penyekatan PPKM Mikro dan PPKM Darurat.

“Dirlantas Polda Jawa Tengah menginformasikan bahwa dengan adanya kegiatan penyekatan dari PPKM sampai dengan PPKM Darurat alhamdulillah angka covid di Jawa Tengah sudah turun,” terangnya.

Meski demikian, Rudy menghimbau agar masyarakat tidak lengah dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Dirlantas menerangkan pihaknya akan melakukan penyekatan di sejumlah perbatasan kembali khususnya pada hari libur.

“Kita tidak mengharapkan angka covid ini tinggi kembali, kami akan melakukan penyekatan-penyekatan kembali pada saat jam-jam hari libur. Hari Jumat, Sabtu dan Minggu,” lanjutnya.

Pada hari-hari libur tersebut dianggap  banyak pengguna kendaraan datang ke Jateng untuk ber-rekreasi maupun mengunjungi sanak saudara.

“Kami akan lakukan penyekatan jalan secara intensif kembali, tetapi sasaranya bukan melakukan penindakan tetapi kami melakukan edukasi terhadap seluruh pengguna kendaraan,” tuturnya.

Pada pengemudi kendaraan akan dicek apakah sudah mendownload aplikasi pedulilindungi, “Kali belum nanti kita akan bantu, dan kita cek apakah mereka sudah tervaksin, kalo belum kami akan arahkan,” lanjut Rudy.

Dirlantas menambahkan vaksinasi adalah program milik pemerintah agar seluruh masyarakat bisa tervaksin. Di Jateng sendiri Polres-Polres telah menyiapkan gerai gerai vaksinasi yang bisa memudahkan masyarakat untuk mendapatkan vaksin.

Peyekatan ini, lanjut Dirlantas akan dilakukan oleh petugas gabungan terutama di rest area.

“Kemarin saya cek rest area dengan Pak Kapolda, kami prihatin. Banyak rest area penuh dan tidak menerapkan protokol kesehatan serta membebaskan mereka duduk tanpa memakai masker,”ungkap Rudy.

Hal tersebut membuat Dirlantas membuat langkah inisiatif untuk melaksanakan penyekatan kembali.

“Kami tidak ingin Jawa Tengah yang sudah turun, gara-gara lengah dan kita tidak ada inisiatif maka angka covid tinggi kembali,”ujar Rudy.

Penyekatan akan dimulai pada minggu ini di seluruh perbatasan-perbatasan kota/kabupaten. Adri-she