Bagikan 2.000 Paket Lebaran, Gubernur Ajak Halalbihalal Secara Daring

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo disaksikan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jateng KH Ahmad Darodji dan Ketua Baznas Kota Semarang Arnaz Agung menyerahkan 2.000 paket lebaran untuk warga yang kurang mampu kepada Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di halaman Masjid Raya Baiturrahman, Simpanglima, Semarang. Foto:ist

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengajak para bupati, wali kota dan para pejabat meniadakan open house Idul Fitri 1442H. Sebagai gantinya dia mengajak untuk diselenggarakan halalbihalal secara daring atau online.

‘’Mari kita merayakan lebaran Idul Fitri dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. Di Jawa Tengah masih muncul kerawanan dan klaster baru yang menunjukkan sedikit peningkatan,’’ katanya saat menyerahkan 2.000 paket lebaran dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Tengah kepada warga yang kurang mampu di Kota Semarang, Rabu (5/05/2021).

Gubernur menyerahkan sembako kepada Wali Kota Hendrar Prihadi disaksikan Ketua Baznas Jateng KH Ahmad Darodji, Ketua Baznas Kota Semarang dan pimpinan Lembaga Amil Zakat (LAZ) se-Kota Semarang. Selain Kiai Darodji, tampak para pengurus Baznas Jateng Sekretaris Moh Ahyani, Zain Yusuf, Solikhul Huda, dan KH Ahmad Hadlor Ihsan. Penyerahan sembako dilakukan di halaman Masjid Raya Baiturrahman, Simpanglima Semarang.

Secara simbolis 2.000 paket sembako tersebut ditasarufkan melalui Laz Dompet Duafa, Laziz Jateng, Rumah Zakat, Laz DT Peduli, Laz Solo Peduli, Laz BMH, Laz Izi, Laz Yatium Mandiri, Lazismu, Masjid Raya Baiturrahman, Baznas Kota Semarang dan Baznas Provinsi Jawa Tengah.

Kepada Baznas dan Lembaga Amil Zakat, Gubernur menyampaikan terima kasih dan penghargaan karena di tengah ekonomi sulit mereka dapat berbagi dengan masyarakat yang kurang beruntung.

Wali Kota Hendrar Prihadi menyampaikan terima kasih karena warga Kota Semarang mendapat prioritas bantuan dari gubernur, Baznas Jateng maupun Kota Semarang. Bantuan tersebut sangat bermanfaat untuk warga yang hendak merayakan Idul Fitri 1442H
Di Baiturrahman

Sementara itu Ketua Takmir Masjid Raya Baiturrahman Dr Multazam Ahmad menjelaskan, beras yang akan dibagikan kepada para dluafa itu sebanyak 4 ton, dihimpun dari sumbangan Gubernur Jateng 1 ton, Baznas Jateng 2 ton, dan Pengawas Yayasan Pusat Kajian dan Pengembangan Islam (YPKPI) Jateng sebanyak 1 ton.

“Beras sebanyak itu akan dibagikan secara bertahap. Tahap pertama secara simbolis akan dibagikan 250 paket oleh Gubernur Jateng,” kata Multazam, kemarin.

Menurutnya, pembagian paket sembako lebaran kepada dluafa ini merupakan bagian kegiatan amalan Ramadan dan perayaan Idul Fitri 1442 H yang disiapkan Masjid Raya Baiturrahman. Puncak rangkaian kegiatan akan digelar pada malam Idul Fitri di aula masjid.

Agenda yang disiapkan, kata Multazam meliputi pembagian bingkisan lebaran, gema takbir dan festival beduk. Pada pagi harinya, akan digelar shalat Idul Fitri yang diikuti warga kota Semarang.

Ketua Umum Yayasan Pusat Kajian dan Pengembangan Islam (YPKPI) Dr KH Ahmad Darodji MSi mengatakan rangakaian kegiatan yang disiapkan Takmir Masjid Raya Baiturrhaman Semarang ini berpotensi memunculkan kerumunan massa.

Karena itu, tutur Kiai Darodji, YPKPI mengingatkan kepada penyelenggara maupun masyarakat selama mengikuti agenda ini memperhatikan dan menerapkan prosedur protokol kesehatan (prokes) dengan disiplin tinggi.

Dia menambahkan jangan sampai agenda ini justru kontra produktif yakni memunculkan klaster covid baru akibat kerumunan massa yang tidak terkendali. “Agar semuanya terhindar dari ancaman Covid-19, kami berharap semuanya memenuhi dan menerapkan prosedur prokes yang tiada henti terus disosialisasikan oleh pemerintah,” tuturnya.st

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here