Bangkitnya Sektor Transportasi

Oleh: Laeli Sugiyono

Statistisi Ahli Madya BPS Prov Jateng

SEKTOR  Transportasi dan Pergudangan setelah tenggelam dalam masa kepahitan selama pandemi COVID-19, sektor ini terus mengalami kontraksi sejak triwulan II 2020 yang terkontraksi sebesar 30,84%, triwulan III 2020 terkontraksi sebesar 16,70%, triwulan IV 2020 terkontraksi sebesar 13,42% hingga triwulan I 2021 terkontraksi sebesar 13,12%.

Kini di triwulan II 2021 telah bangkit dan mengalami rebound tumbuh positif yang meraksasa secara nasional mencapai 25,10%, sedangkan tingkat regional Jawa Tengah tumbuh 85,43% lebih tinggi dari nasional.

Kementerian Perhubungan terus berupaya melancarkan transportasi untuk logistik, karena dapat menjadi penopang bangkitnya perekonomian Indonesia yang tengah terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menjadi pembicara dalam Webinar bertema “Transportasi Untuk Kelancaran Logistik dan Kemajuan Ekonomi di Masa Pandemi”. Kemenhub menyelenggarakan acara ini sebagai bagian dari Kampanye Kolaboratif “Konektivitas Logistik Pacu Ekonomi” (http://dephub.go.id).

Pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, pelabuhan laut dan bandar udara di era pemerintahan Jokowi menjadi modal utama dalam mewujudkan konektivitas logistik ke suluruh wilayah republik Indonesia melalui matra darat, laut dan udara.

Memang harus diakui bahwa selama masa pandemi pergerakan orang telah dibatasi yang pada awal kwbijakan dikenal denggan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro, PPKM Darurat dan PPKM level 1, 2, 3 dan 4 Ini dimaksudkan untuk menghambat penularan Covid yang bergerak cepat secara seporadis setelah masuknya varian delta di bumi nusantara.

Akan tetapi pergerakan logistikk selama pandemi COVID-19 masih tetap berjalan seperti biasanya tidak ada pembatasan. Booming pengantaran logistik ini juga ditopang melesatnya geliat perdagangan daring online yang marak selama pandemi COVID-19.

Ecomerce yang merupakan kegiatan ekonomi perdagangan via elektronik pada awal tahun 2000 terasa aneh justru kini jadi terbiasa, ketika perilaku kontak dagang dibatasi selama pandemi, maka ecommerce tumbuh subur. Apalagi ditunjang dengan kemajuan teknologi informatika dan komputer yang berkembang pesat kiomunikasi kontak dagang bisa dilakukan via gawai, atau laptop yang dihubungkan dengan internet maka transaksi dagang bisa dilakukan, pembayan dilakukan secara non tunai via transfer uang, atau Cash on Delivery (COD) ketika barang diantar ke konsumen.

Electronic commerce atau ecommerce adalah segala aktivitas jual beli yang dilakukan melalui media elektronik. Meskipun sarananya meliputi televisi dan telepon, kini ecommerce lebih sering terjadi melalui internet.

Oleh karena pengertian e-commerce tersebut, ada kesalahpahaman tentang ecommerce dan marketplace. Istilah ecommerce digunakan untuk mendeskripsikan semua transaksi yang memakai media elektronik.

Marketplace sendiri adalah salah satu model ecommerce, di mana ia berfungsi sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Penjual yang berdagang di marketplace hanya perlu meladeni pembelian. Semua aktivitas lain seperti pengelolaan website sudah diurus oleh platform terrsebut Situs-situs seperti Buka lapak, Shopee dan Lazada adalah contoh marketplace.

Gojek dan Greb kini tidak hanya melayani pemesanan sarana transportasi melainkan juga melayani pemesanan makanan (Go Food, Greb Food). Selain itu bisa juga melayani pemesanan barang di toko supermarket dan apotik melalui Go Shop. Pengantaran barang melalui Go Send. Gojek dan Greb bisa disejajarkan sebagai Marketplace.

Whatsapp, intragram, sering kita temui dipakai sebagai sarana marketplace individual melalui open pre order (PO), sedangkan pengantaran pemesanan barang bisa dilakukan berbagai cara bisa dipool di kantor kemudian konsumen mengambil barang yang dipesan, atau si pelaku bisninis tersebut kemudian mengantarnya ke konsumen.

Atau melalui pihak ketiga yang bergerak di bidang pengantaran logistik, tentunya dikenakan biaya ongkir (ongkos kirim).Wallahu alam bisawab. Jatengdaily.com-yds