Bupati Demak Minta Renstra Tidak Copy Paste

Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Demak H Suhas Bukit saat rapat Renstra Kabupaten Demak. Foto: rie

DEMAK (Jatengdaily.com) – Penyusunan dokumen perencanaan pembangunan bukan sekedar rutinitas. Namun harus diniatkan sebagai ibadah sehingga menghasilkan manfaat nyata bagi masyarakat.

Pada Rapat Renstra Penyelarasan Target Indikator Kinerja Utama (IKU) Daerah dan IKU Perangkat Daerah Kabupaten Demak 2021-2026, Bupati dr Hj Eisti’anah menyampaikan, kunci sukses kinerja adalah memiliki tujuan yang jelas, rencana yang nyata, serta batas waktu penyelesaian yang tegas. Termasuk siap kerja keras, untuk menuju Demak bermartabat, maju dan sejahtera.

Lebih lanjut dituturkan, berada pada masa transisi bersamaan pandemi COVID-19 tidak lah mudah. Namun penyusunan perencanaan harus tetap berjalan beriringan. Mulai dari RKPD tahun 2022, Perubahan RKPD tahun 2021, lanjut kemudian RPJMD dan Renstra. Sehingga untuk itu dibutuhkan komitmen kuat membangun Demak.

Kepada segenap jajaran birokrasi yang dipimpinnya, bupati mengingatkan, agar para kepala OPD benar-benar menyiapkan penyusunan rencana strategis (renstra) dengan matang, bersinergi dan sejalan dengan visi misi pemerintahan daerah.

“Bukan sekedar duplikasi maupun copy paste dari renstra sebelumnya. Jabarkan visi misi bupati menjadi strategi, kebijakan dan program nyata. Sehingga visi mewujudkan Demak Bermartabat, Maju dan Sejahtera pun terwujud,” kata bupati, Jumat (22/10/2021).

Lebih lanjut disampaikan, semua yang tertuang dalam renstra masing-masing OPD harus fokus serta dengan cepat diimplementasikan. Selain itu harus ada lompatan pembangunan dan peningkatan sasaran yang akan dicapai.

“Melalui rapat Renstra ini, mari bersama diskusi dan bahas indikator kinerja utama (iku) dan target kinerja sebagai tolok ukur keberhasilan. Bekerja sekeras apapun, apabila tidak diketahui indikator keberhasilannya, maka akan sulit dilihat hasil atau capaian kerjanya,” tutur bupati.

Di sisi lain, Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Demak H Suhas Bukit menjelaskan, latar belakang diselenggarakannya rapat renstra yang dihadiri Sekda dr H Singgih Setyono, para asisten sekda serta kepala OPD itu untuk penyelarasan cascading serta IKU daerah dan perangkat daerah sehingga tercipta keselarasan dalam organisasi. Sekaligus menajamkan konsep dan rencana implementasi program unggulan bupati selama lima tahun ke depan.

“Sedangkan pembahasan IKU dimaksudkan agar tercapai perencanaan yang baik dan terukur. Selaras dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Demak 2021-2026,” pungkasnya. rie-yds