D3 Humas Undip PSDKU Kampus Batang. Foto: undip

SEMARANG (Jatengdaily.com)– Universitas Diponegoro (UNDIP) memperkuat Program Studi (Prodi) Diploma 3 (D3) Humas PSDKU (Program Studi Di Luar Kampus Utama) Batang dengan menambah empat dosen. Keempat dosen baru tersebut selain memenuhi kualifikasi dan kompetensi yang disyaratkan, juga memiliki pengalaman yang dipandang bisa memperkaya kemampuan pengajarannya.

Ketua Lembaga Pengelola Program Studi di Luar kampus Utama (LPPSDKU) Universitas Diponegoro, Dr. Redyanto Noor, M.Hum., mengatakan penambahan staf pengajar pada Prodi tersebut dilakukan untuk dapat lebih mengoptimalkan perkuliahan serta dapat mengembangkan Prodi Humas yang dinaungi oleh LPPSDKU Undip. Keempat dosen yang direkrut adalah Nikolaus Ageng Prathama, S.I.Kom, M.I.Kom; Irawati Sri Wulandari, S.I.Kom, M.I.Kom; MJ Rizqon Hasani, S.Hum, M.I.Kom; dan Rukti Rumekar, S.Hum, M.I.Kom.

Menurut Redyanto, keempat dosen baru tersebut merupakan lulusan Program Magister Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro dari beberapa angkatan. Meskipun beberapa dari mereka tidak memiliki gelar di bidang komunikasi yang liniear namun pengalaman sebagai praktisi menjadi nilai plus sebagai bekal pengajar Diploma 3/D3.

Para dosen baru tersebut selain merupakan lulusan program magister komunikasi, juga aktif dalam berbagai kegiatan di bidang PR (Public Relation) dan kegiatan komunikasi yang lainnya seperti menjadi presenter dalam konferensi dan kegiatan organisasi internasional maupun nasional seperti PPI, AIESEC, MUN, AFS dan lainnya. Bahkan ada yang mengelola bisnis yang berkaitan dengan komunikasi.

“Beberapa diantara dosen baru tersebut memiliki pengalaman yang menarik di bidang public relation selepas mendapatkan gelar magister. Karya ilmiah yang mereka buat juga menjadi pertimbangan perekrutan. Yang pasti Program Diploma 3 PSDKU ingin menghasilkan lulusan profesional untuk menunjang pemerataan pembangunan daerah,” ujanya, Senin (30/8/2021).

Redyanto Noor merumuskan beberapa poin terkait tujuan dan harapannya dengan adanya penambahan dosen baru D3 Humas, yakni menambah kualitas hasil pembelajaran, meningkatkan kinerja program studi, meningkatkan kuantitas dan kualitas kegiatan mahasiswa di bidang akademik dan non-akademik dan mengoptimalkan  kompetensi dosen dengan bidang studi dan mata kuliah. Kehadiran mereka juga diharapkan bisa merealisasi target capaian IKU (Indikator Kinerja Utama) Prodi.

Kaprodi D3 Humas PSDKU Batang, Dr. Adi Nugroho, M.Si, menambahkan dengan adanya penambahan dosen baru diharapkan akan memberi kontribusi maksimal bagi pembelajaran para mahasiswa. “Mereka memilki latar belakang dan pengalaman di bidang kehumasan yang matang,’’ jelasnya.

Adi juga sangat yakin kehadiran para dosen baru ini bersama dengan para dosen kampus utama yang sudah ada semakin dapat memajukan D3 Humas Kampus Batang di masa yang akan datang.

D3 Humas Undip PSDKU Batang berkampus di Bandar, Kabupaten Batang. Meski dikenal sebagai D3 Humas kampus Undip Batang, namun dalam tiga tahun terakhir ini mahasiswa yang kuliah di sini banyak yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Di sini, mahasiswa dicetak untuk menguasai ilmu komunikasi pada jenjang diploma yang berkualitas dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang hubungan masyarakat. she