Diawali Tausiyah KH Fadlolan, PPAD Jateng Tanam Pohon di Bandara A Yani

Memperingati HUT ke-18 Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD), Provinsi Jawa Tengah ditandai dengan penanaman pohon penghijauan di Bandara A Yani. Foto:ist

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia dan Hari Ulang Tahun ke-18 Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD), PPAD Provinsi Jawa Tengah ikut berpartisipasi menciptakan lingkungan hidup yang hijau, bersih dan sehat, Jumat (03/09/2021).

Pada kegiatan tersebut secara simbolis dilakukan penanaman bibit pohon penghijauan yang berlokasi di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. Sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat menanam bibit pohon penghijauan, di antaranya Letjen TNI (Purn) H Bibit Waluyo selaku sesepuh PPAD Provinsi Jateng, Kasdam IV / Diponegoro, perwakilan dari Polda Jateng, Sekda Kota Semarang, Danlanumad Ahmad Yani, Danlanal Semarang, General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, perwakilan dari Balai Sertifikasi dan Perbenihan Tanaman Hutan (BSPTH) Provinsi Jateng, dan Ketua PPAD Provinsi Jateng.

Sesepuh PPAD Proinsi Jateng, Letjen TNI (Purn) H Bibit Waluyo secara simbolis menanam pohon penghijauan di Bandara Internasional A Yani Semarang. Foto:ist

Acara diawali dengan penyampaian tausiyah dan doa oleh DR KH Fadlolan Mussyafa’ LC, MA. Pengasuh dan Pendiri Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan, DR KH. Fadlolan Musyaffa’, Lc, MA dalam tausiahnya, menyampaikan rasa bangganya terhadap bandara Internasional yang ada di wilayah Jawa Tengah tersebut.

KH Fadlolan menilai bahwa bandara tersebut sudah layak untuk bersaing dengan bandara-bandara internasional lainnya. ”Manusia sebagai khalifah di bumi memang sudah seharusnya mempunyai kepedulian dan kesadaran agar tidak hanya merusak alam lalu membangunnya dengan gedung, akan tetapi juga ikut melindungi dan melestarikan alam terutama terkait pohon sebagai penghasil oksigen,” kata KH Fadlolan.

”Sesungguhnya perintah untuk melindungi dan melestarikan lingkungan sudah ada dalam Alquran. Allah SWT membentangkan langit dan bumi sesungguhnya diperuntukkan bagi manusia agar mereka hidup dengan nyaman, dan sehat. Seperti diterangkan dalam Q.S Abasa: 24-32, Q.S Fathir: 27, dan Q.S An-Naml: 60,” terang KH Fadlolan.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Hardi Ariyanto menyampaika sejalan dengan konsep Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani yaitu Eco-Green Airport, dimana bandara diciptakan sebagai sarana dan prasarana perhubungan yang ramah lingkungan serta berkontribusi positif kepada lingkungan hidup.

”Kami ucapkan terima kasih kepada PPAD Provinsi Jawa Tengah yang telah berpartisipasi dengan memberikan bibit pohon penghijauan untuk menciptakan lingkungan hidup yang hijau, bersih dan sehat di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang sehingga para pengguna jasa yang datang ke bandara akan merasa lebih nyaman,” jelas Hardi.

Penanaman pohon ini selain sebagai bentuk penerapan Eco-Green Airport juga sebagai salah satu langkah mitigasi perubahan iklim dengan penanaman pohon khas indonesia yang memiliki manfaat sebagai penyerap karbon. Acara ini merupakan salah satu program kerja PPAD Provinsi Jateng di tahun 2021.

Ketua PPAD Provinsi Jateng, Brigjen TNI (Purn) H Amin Syamsudin menjelaskan saat ini pihaknya hanya memberikan 33 batang pohon saja untuk ditanam di lingkungan Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, 10 pohon ditanam secara simbolis dan selebihnya akan ditanam saat musim hujan agar pohon tersebut tumbuh dengan subur dan tidak mati.

”Setelah penanaman pohon ini kami juga berencana untuk melakukan penanaman bibit pohon sebanyak 6.000 hingga 7.000 bibit di tujuh lokasi Kabupaten/ Kota. yang tersebar di wilayah Jawa Tengah,” jelasnya.

“Semoga dengan diadakannya kegiatan penanaman bibit pohon penghijauan ini dapat memberikan motivasi kepada masyarakat untuk lebih peduli dan meningkatkan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya kelestarian lingkungan. Selain itu kegiatan ini juga dapat menjadi ajang silaturahmi bagi kita agar ke depan hubungan di antara lembaga atau instansi dapat menjadi lebih harmonis,” tutur Amin.st