Dikukuhkan Guru Besar Untag, Prof Emiliana Ajak Dosen Ikuti Jejaknya

Guru Besar Prof Dr Dra Sri Pudjiarti MSi foto bersama Rektor Untag Prof DR Drs Suparno, ketua Senat Untag Ir Lukman Muhamadi MT, dan Kepala LLDIKTI Prof Dr Muhammad Zainuri DEA di kampus Untag, Sabtu (6/03/2021). Foto:dok

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Untuk ketujuh kalinya Untag Semarang telah mengukuhkan guru besar. Kali ini yang dikukuhkan adalah Prof Dr Dra Emiliana Sri Pudjiarti MSi sebagai guru besar ilmu manajemen dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Pengukuhan dilakukan oleh Rektor Untag Prof Dr Drs Suparno MSi didampingi oleh Ketua Senat Universitas Ir Lukman Muhamadi MT serta Kepala LLDIKTI Prof Dr Muhammad Zainuri, DEA yang diselenggarakan secara luring di kampus Untag, Sabtu (6/03/2021).

Pada prosesi itu, Prof Emiliana yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor Untag bidang akademik berkesempatan menyampaikan pidato ilmiahnya berjudul “Membangun Kegesitan Menghadapi Ketidakpastian di Era New Normal”. Dia mengajak para dosen sejawatnya untuk bisa mengikuti jejaknya.

Prof Suparno dalam sambutannya mengucapkan selamat dan apresiasi kepada Prof Emiliana, karena hal ini akan semakin meningkatkan peran dan fungsi Perguruan Tinggi (PT) sebagai bagian dari masyarakat yang turut memegang keberlangsungan peradaban bangsa.

Menurutnya, Untag tidak hanya sekedar berfungsi mencetak sarjana, magister dan doktor, melainkan juga guru besar, karena hanya kampus yang mampu mencetak seorang guru besar yang notabene bukan hanya disebut sebagai dosen besar, hal ini mengandung arti bahwa seorang guru besar tidak hanya sebagai guru atau pendidik saja, tetapi juga sekaligus sebagai peneliti yang ditunggu oleh masyarakat sebagai wujud pengabdiannya.

Maka sudah barang tentu menjadi guru besar bukan akhir dari pencapaian seorang dosen tetapi gelar ini justru sebagai spirit yang senantiasa membangkitkan institusi guna melahirkan karya karya baru.

Untuk itu dia berharap agar lima dosennya yang kini sedang diproses sebagai guru besar di Dirjen Dikti segera terbit SK-nya, dan bagi yang sudah menyandang gelar doktor untuk segera menyusulnya.

Dalam sambutannya Prof M Zainuri mengatakan bahwa ini sungguh merupakan satu kehormatan bagi LLDIKTI Jawa Tengah yang bisa mendampingi dan mengantarkan Prof Emiliana yang pada hari ini telah berdiri tegak menyampaikan pidato pengukuhan, yang menunjukan suatu kedalaman emosi, kedalaman keilmuan, dan kedalaman implikasi karyanya.

Ucapan selamat juga disampaikan oleh Prof M Zainuri, namun bukan hanya karena prestasi Prof Emiliana, tetapi sumbangsihnya terhadap proses pendidikan tinggi di Jawa Tengah selama ini.

Dia membenarkan apa yang disampaikan Pak Rektor yang menyebutkan kontribusinya Prof. Emiliana yang sangat tinggi dengan menulis banyak buku dan publikasinya, hingga merupakan salah satu penyumbang penelitian dana lima milyard yang diperoleh Untag dari Kemenristek Dikti.

Selanjutnya dia menyampaikan bahwa PTS di wilayah Jawa Tengah ini telah meraih anggaran penelitian tertinggi di Indonesia, yang totalnya Rp 38 miliar. Untag merupakan salah satu yang mendapatkan dana itu, maka dengan proposal penelitiannya ini telah menunjukkan dinamika SDM penelitian di Untag yang semakin menjulang tinggi. st

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here