Dua Kafilah Jateng Masuk Finalis, Jumat Besok Wamenag Tutup STQH

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan istri Hj Siti Atiqoh, Kepala Kanwil Kemenag Jateng H Musta’in Ahmad foto bersama dengan kafilah Jawa Tengah usai mengikuti defile dalam pembukaan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) Nasional XXVI di halaman Masjid Raya Shaful Khairat, Kota Sofifi, Maluku Utara (Malut).Foto:ist

SOFIFI (Jatengdaily.com) – Dua orang Kafilah Provinsi Jawa Tengah masuk menjadi finalis dalam Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) Nasional XXVI di Kota Sofifi, Tidore, Provinsi Maluku Utara. Dua orang itu yakni Muhamad Mas’ud Cabang Tilawah Dewasa Putra dan Fatimah Zahrotul Mujahidah Cabang Tahfidz (Hafalan) 30 juz putri.

Cabang Tahfidz (hafalan) 30 juz putra atas nama Husam Muhammad IK dan Cabang Hadist 500 tanpa sanad putra atas nama Muhammad Husain Fahruddin berada di peringlat 5 dan 6 atau harapan.

Kepala Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat Wakaf (Penaiszawa) Kanwil Kemenag Jateng Afief Mundzir selaku pimpinan kafilah Jateng didampingi Kepala Seksi Seni Budaya Islam dan MTQ Nining Indrawati mengatakan, pihaknya bersyukur karena dari semua cabang yang diikuti ada dua yang berhasil masuk final.

‘’Hasil ini tentu pahit tetapi ini sekaligus menjadi pelajaran berharga bagi semua pihak untuk dilakukan koreksi. Tentu kedepan pola dan strategi rekrutmen harus dilakukan perubahan agar Jateng bisa mendapatkan talenta-talenta terbaiknya. Saya masih yakin ke depan Jateng akan lebih baik dengan dukungan semua dan keterbukaan dalam sistem rekrutmen qari-qariah, hafidz-hafidzah dan mufasir-mufasirah dari bawah,’’ katanya.

Sementara itu Wakil Gubernur Jateng H Taj Yasin Maimoen bersama istri Hj Nawal Nur Arofah, bertolak ke Kota Sofifi untuk mengikuti upacara penutupan yang akan dilakukan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi.

Upacara penutupan akan dilaksanakan di arena utama halaman Masjid Raya Shaful Khairat, Kota Sofifi, Maluku Utara (Malut), Jumat (22/10) malam.
Artis Ibu Kota

Panitia penyelenggaraan STQH melakukan rapat pemantapan untuk persiapan penutupan STQ Nasional di Sofifi. Rapat dengan melibatkan panitia pusat dan event organizer IO dihadiri semua bidang kegiatan yang berlangsung di sekretariat panitia STQ Nasional.

Dalam rapat tersebut, dibahas beberapa kekurangan yang terjadi pada saat pembukaan STQ Nasional seperti soundsystem yang terdengar kecil, panggung dan kursi VVIP yang terbatas bagi para tamu undangan dan menata posisi tamu umum.

“Rapat itu panitia daerah telah meminta kepada IO sebagai penyelenggara acara penutupan untuk memperhatikan dan menindaklanjutinya,” kata Ketua bidang publikasi dan IT STQ Nasional, Rahwan K. Suamba.

Untuk tamu undangan penutupan lanjut Rahwan, terdaftar masih sama dengan tamu undangan pembukaan yang berjumlah 1000 orang. “Oleh karena itu, akan panitia daerah akan melakukan pemetaaan posisi tamu VVIP, tamu VIP dan tamu umum, bahkan telah diatur susunan acara sesuai dengan ketentuan umum,” katanya.

Sebelum menutup STQH yang dibuka Menag H Yaqut Cholil Qoumas Sabtu lalu (16/10), Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid Sa’adi akan menyerahan hadiah juara 1, 2, dan 3 dan beasiswa bagi seluruh peserta musabaqah. Menurut rencana upacara penutupan akan dimeriahkan penampilan artis-artis religi Ibu Kota.st