Drs Muhtar Arifin Sholeh MLib (kanan) dalam live podcast. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Fakultas Agama Islam (FAI) Unissula siap mengantarkan generasi millenial untuk sukses. “Kami siapkan generasi milenial menjadi generasi yang khairul ummah (sebaik-baik umat)”, ujar dekan FAI Drs Muhtar Arifin Sholeh Mlib.

Menurut Muhtar Arifin, di Unissula tersedia banyak pilihan ilmu yang terintegrasi atau satu kesatuan. Ilmu yang terintegrasi maksudnya adalah meyakini bahwa Allah sebagai satu-satunya sumber dan pemilik ilmu.

Dimana Allah mengajarkannya melalui kitab suci (ayat kitabiyah) dan alam semesta (ayat kauniah). Sehingga seseorang yang menginginkan kesuksesan di dunia dan akhirat, harus menguasai ilmu. Namun bagi orang yang berilmu harus berlandaskan iman. “Maka pada hakikatnya orang yang berilmu itu harus berlandaskan iman”, ujarnya.

Dengan tujuan meraih kesuksesan dunia dan akhirat tersebut FAI Unissula membekali mahasiswanya bukan hanya dengan ilmu agama, namun juga ilmu lainnya, seperti manajemen pendidikan, dan juga kewirausahaan. Sehingga profil lulusan FAI Unissula tidak hanya menjadi guru PAI, namun juga manajer atau kepala sekolah, peneliti, hingga wiraswasta.

FAI Unissula memiliki pengalaman yang sangat mantab di dunia pendidikan. Fakultas yang didirikan 1962 tersebut saat ini memiliki tiga program studi untuk jenjang S1 yaitu Prodi Tarbiyah yang terakreditasi nasional A dari BAN PT dan terakreditasi internasional dari ASIC yang berbasis di Inggris. Prodi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhsiyah) terakreditasi A, dan Sejarah Peradaban Islam yang terakreditasi B. Memiliki prodi S2 unggulan yakni Magister Pendidikan Agama Islam yang terakreditasi B.

Fakultas didukung oleh staf pengajar yang kompeten. Dalam proses kegiatan belajar mengajarnya juga didukung berbagai fasilitas unggulan antara lain memiliki berbagai laboratorium seperti laboratorium ilmu falak, bahasa (Arab dan Inggris), komputer, micro teaching hingga lab school yang representatif. Memiliki perpustakaan dilengkapi ruang baca/diskusi yang nyaman, hot spot area dan informasi akademik yang berbasis IT. FAI Unissula saat ini juga memiliki jurnal Ulul Albab yang terakreditasi nasional.

Para mahasiswanya setiap tahunnya berhasil mencatatkan prestasi membanggakan di lingkup internasional, nasional, maupun regional seperti pada Qiroatul-Qur’an, tahfidhul-Qur’an, kaligrafi, kesenian, olahraga, dan lainnya. she 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here