Dekan FK Unissula memberikan tanda kelulusan dalam sumpah dokter baru. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang kembali mengambil sumpah dokter baru.

Dalam pengambilan sumpah dokter ke 119 periode tahun 2021 ini, tercatat sebanyak 21 dokter baru diambil sumpahnya, untuk selanjutnya akan kembali ke masyarakat. Pengambilan sumpah dilakukan oleh Dekan FK Unissula, Dr dr Setyo Trisnadi SH SpKF, Sabtu (9/10/2021) di Kampus Jalan Kaligawe.

Dekan dalam sambutannya mengatakan, dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini, para dokter baru diharapkan bisa kembali ke tengah masyarakat dalam membantu penanganan Covid-19, dan kesehatan secara umum. Termasuk dalam waktu dekat, mereka akan melakukan internship di sejumlah Rumah Sakit.

‘’Semoga dalam waktu masa  internship atau magang ini, bisa mengabdikan ilmunya untuk masyarakat,’’ jelasnya.

Seperti diketahui,  sampai saat ini FK Unissula sudah meluluskan sebanyak 5.643 dokter yang bekerja di seluruh Tanah Air.

Dekan juga berpesan, agar lulusan dokter baru bisa melakukan pengabdian dan terus meningkatkan mutu atau kualitas dalam bidang kedokteran.

Jumlah penyelenggara FK di Indonesia memang tidak sedikit, tercatat sedikitnya 101. Namun, diakui, Animo respon untuk kuliah di FK Unissula sangat tinggi, calon mahasiswa baru banyak yang antri. Namun, yang diterima tetap yang sesuai dengan kemampuan dan passing grade nilai dan prestasinya.

Sementara itu, Rektor Unissula Drs Bedjo Santoso MT PhD dalam sambutannya mengatakan dukungan dari rektorat dan FK dan fakultas lainnya dilakukan tanpa henti.

‘’Salah satu keunggulan Unissula adalah menyiapkan lulusan unggul dan khaira ummah. Dalam artian, mereka tidak hanya dibekali pendidikan, namun juga ahlak. Sehingga saat terjun ke masyarakat bertanggungjawab dunia dan akhirat. FK Unissula punya ciri khas yang tidak dimiliki FK lain, maka lulusannta pun siap bersaing,’’ jelasnya. She