Gelar Muscab Gaya Baru, PKB Optimistis Tiga Besar di Pemilu 2024

Ketua DPW PKB Jateng, Gus Yusuf memberikan pengarahan pada muscab gaya baru, di DPC PKB Magelang, Sabtu (06/03). Foto:dok FPKB

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Musyawarah Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tingkat kabupaten/kota di Jawa Tengah digelar secara serentak, Sabtu (6/3). Muscab digelar sebagai bagian dari menata struktur pengurusan tingkat daerah periode 2021-2026. Selain itu, Muscab juga digelar untuk melakukan penyeragaman masa bakti kepengurusan di semua tingkatan.

Muscab secara serentak ini dibuka Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Gus AMI) secara virtual. Tahap awal Muscab adalah menetapkan Ketua dan Sekretaris Dewan Syuro, serta Ketua Tanfidz, Sekretaris, dan Bendahara.

Gus Ami memanggil seluruh Ketua DPC PKB se Jawa Tengah dan DIY secara bergiliran melalui sambungan virtual. Usai menyapa peserta Muscab Gus Ami lalu meminta Ketua DPW PKB Jawa Tengah KH M Yusuf Chudlori melaporkan persiapan Muscab. Setelah itu giliran PKB DIY, dan Ketua DPW DIY Agus Sulistyono.

Gus Ami menambahkan, partai politik harus sehat. Kalau parpol kuat, sehat, dan bermutu, maka demokrasi di Indonesia juga akan bermutu. Kalau parpol kokoh, kuat, mandiri, dan bermartabat maka bermartabatlah demokrasi di Indonesia.“Karena itu PKB yang kuat, kompeten, sehat, punya integrity adalah modal kemajuan demokrasi kita. Ada 13 Juta pemilih PKB, yang menunggu kiprah PKB. Mari kita berbuat yang terbaik kita punya modal dan kesempatan,” tutup Gus Ami

Ketua DPW PKB Jawa Tengah KH Yusuf Chudlori mengatakan, Muscab ini menandai proses demokrasi internal. Tak hanya sekadar regenerasi, melainkan sebagai ajang evaluasi dan konsolidasi.

“Sejauh ini sudah dilakukan evaluasi kinerja pengurus di semua tingkatan dengan tolok ukur kinerja. “Nama-nama calon pengurus merupakan usulan dari daerah. Soal persetujuan, DPP yang memutuskan,” ujarnya saat hadir langsung di Muscab PKB Magelang, Sabtu (6/3).

Hasilnya, imbuh Gus Yusuf, DPC-DPC menerima surat keputusan DPP PKB yang dibacakan oleh Pimpinan Sidang di masing-masing lokasi Muscab. “Alhamdulillah, semua peserta Muscab patuh terhadap keputusan DPP PKB. Muscab berjalan dengan baik, semua sidang pleno dilaksanakan. Hanya ada satu atau dua DPC yang masih butuh musyawarah. Semua karena ingin PKB lebih baik, biasa dinamika yg wajar,” tandasnya.

Dia menambahkan, tantangan Pemilu 2024 sangat berat. Atas dasar itu diperlukan pengurus-pengurus yang siap bekerja keras, dan kerja cerdas. “Target kita 2024 lebih besar. Pada Pemilu 2019, perolehan kursi Legislatif kita meningkat di semua tingkatan. Tentu harus terus kita tingkatkan lagi. Dan setelah Muscab gaya baru ini, kami optimis Pemilu 2024, kita akan menang di Jateng dan Tiga Besar di Nasional, serta punya Presiden dari kader sendiri,” tegasnya

Gus Yusuf mengingatkan kepada pengurus, semua program dan target politik itu tidak akan terwujud bila PKB tidak harmonis dan solid dengan induk PKB, yaitu keluarga besar Nahdhatul Ulama. “Maka ini PR bagi pengurus yang terpilih. Termasuk pengurus harus tetap sensitif terhadap persoalan pandemi Covid ini,” pungkasnya.

Muscab di Jawa Tengah sendiri dihadiri 1125 Pengurus DPC PKB dan 1136 Pengurus Anak Cabang se Jateng di daerah masing masing. Juga 242 anggota FPKB DPRD Kabupaten/Kota, serta 20 Anggota FPKB DPRD Jateng di dapil masing-masing. Selain itu, jajaran Pengurus PCNU dan Kepala Daerah turut hadir di arena Muscab daerah masing-masing.st

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here