Walikota Semarang dan Ketua Tim PKK Kota Semarang Krisseptiana menyerahkan bantuan. Foto: Humas

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Dalam menangani pandemi Covid-19, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi memberikan perhatian khusus kepada lansia. Hal ini mengingat lansia merupakan salah satu kelompok masyarakat yang paling rentan pada masa pandemi Covid-19. Harapannya, perhatian yang diberikan dapat mengurangi dampak yang dirasakan para lansia.

Salah satu perhatian itu pun diwujudkan Wali Kota Semarang yang biasa disapa Hendi itu dengan membagikan 800 paket sembako kepada para lansia di wilayah ibu kota Jawa Tengah. Bersama Ketua Tim Penggerak PKK, Krisseptiana Hendrar Prihadi, Hendi pun secara simbolis memulai penyaluran sembakon tersebut di Balaikota Semarang beberapa waktu lalu.

Adapun setelah diserahkan secara simbolis oleh Hendi dan Tia, akrab disapa Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang, bantuan akan disalurkan berjenjang mulai dari kecamatan, kelurahan dan kader PKK Kota Semarang. Dalam proses penyaluran bantuan itu pun Hendi menekankan agar dapat tepat sasaran demi mendukung kesehatan para lansia.

“Alhamdulillah ada paket sembako berisi madu, vitamin, kue kering dan masker yang Insya Allah akan dibagikan dan harapannya dapat membuat para lansia bertambah sehat,” ungkap Hendi.

Di sisi lain, pepada para lansia yang hadir pada kesempata itu, Hendi juga berpesan agar dapat senantiasa disiplin menjaga protokol kesehatan, melakukan vaksinasi, serta mengurangi aktivitas yang tidak penting.

“Ada yang bertanya, kalau seminggu senam 3 kali bagaimana? Kalau aktivitas untuk kesehatan tentu sangat baik, tetapi jika hanya membuang waktu, lebih baik dikurangi dan di rumah dulu,” pesan Wali Kota Semarang tersebut.

Hendi juga menuturkan, Pemerintah Kota Semarang saat ini terus mendorong program vaksinasi termasuk bagi kelompok lansia di berbagai titik wilayah di Kota Semarang. Dengan pelibatan tenaga dan bantuan kuota vaksin dari TNI, Polri, lanjut Hendi, diharapkan capaian vaksin dapat terus meningkat. Dicontohkannya, di titik wilayah dengan capaian yang masih rendah akan diprioritaskan seperti Kelurahan Petompon, Gajahmungkur.

Sementara itu, Krisseptiana atau akrab disapa Tia, selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang menyampaikan terima kasih atas perhatian dari Pemerintah kota Semarang dan mendukung dengan kesiapan kader PKK dalam pendistribusian bantuan.

“Kader PKK akan menyalurkan bantuan sesuai data pengajuan yang ada, by name by address. Kader juga paham kondisi lansia mana yang membutuhkan bantuan ataupun terdampak pandemi ini,” terang Tia Hendi, sapaan akrabnya.

Tia menambahkan jika data sudah ada berdasarkan pengajuan masing-masing wilayah kepada Dinas Sosial. “Jadi pendistribusiannya nanti dari Kecamatan dan Kelurahan. Kemudian PKK yang akan membagikan ke masing-masing wilayah karena PKK yang lebih tahu mana lansia yang membutuhkan,” pungkasnya. she