Ingin jadi Bagian dari Proyek Strategis Nasional, Ikuti Sertifikasi ini

CEPU (Jatengdaily.com) – Indonesia sedang berfokus dengan pengembangan infrastruktur dalam rangka peningkatan pertumbuhan ekonomi. Pemerintah melakukan upaya percepatan proyek-proyek yang dianggap strategis dan memiliki urgensi tinggi untuk dapat direalisasikan dalam kurun waktu yang singkat.

Program-program tersebut mencakup pembangunan infrastruktur ketanagalistrikan, pemerataan ekonomi, pengembangan kawasan perbatasan, pengembangan jalan akses exit tol, dan pengembangan kawasan strategis pariwisata nasional. Lalu program pembangunan instalasi pengolah sampah menjadi energi listrik, pembangunan smelter, peningkatan penyediaan pangan nasional (food estate), pengembangan superhub, dan percepatan pengembangan wilayah.

Percepatan ini diharapkan dapat mendorong perekonomian melalui peningkatan investasi, penyerapan tenaga kerja, serta pemulihan industri dan pariwisata Indonesia.

Peluang tenaga kerja dalam Program Strategis Nasional ini perlu disikapi dengan seksama karena dalam realisasinya perlu adanya program pengembangan SDM untuk menggenjot proyek nasional ini.

PPSDM Migas sebagai salah satu lembaga pelatihan dan sertifikasi sektor minyak dan gas bumi juga menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi Scaffolding yang tentunya digunakan dalam semua proyek baik migas dan non migas.

Terdapat dua (2) tingkatan yaitu Operator dan Pengawas Scaffolding. Tujuan pelatihan sertifikasi untuk operator scaffolding adalah melaksanakan pemasangan dan pembongkaran scaffolding yang sesuai dengan SKKNI dan K3 migas.

Eva Khuzaifa salah seorang assesor Scaffloding menjelaskan bahwa tugas seorang Pengawas Scaffolding tentunya lebih berat lagi.“Tugas dari seorang Pengawas Scaffolding adalah melaksanakan inspeksi sebelum, selama dan sesudah pemasangan scaffolding”, tambah Eva.

“Pelatihan dan Sertifikasi Scaffolding di PPSDM Migas memberikan pengetahuan tentang scaffolding secara menyeluruh dan juga memberikan pembekalan untuk persiapan uji sertifikasi kompetensi scaffolding yang tentunya akan bermanfaat untuk para pekerja mendapatkan pekerjaan karena adanya sertifikasi kompetensi dari LSP PPSDM Migas yang sudah terakreditasi oleh KAN dan terlisensi oleh BNSP yang diakui baik nasional maupun internasional”, tutup Eva. yds