Kerahkan YouTuber, KJRI Jeddah Promosikan Produk Indonesia

Promosi produk Indonesia menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-76 di Sarawat Superstores. Foto: ist

JEDDAH (Jatengdaily.com) – Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah mengerahkan para pegiat media sosial, khusus YouTuber WNI, untuk turut menyemarakkan gelaran festival promosi produk Indonesia menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-76.

Para YouTuber dari Thaif, Mekkah dan Jeddah diajak berkolaborasi meliput peluncuran program Amazing Asean yang berlangsung sepekan, dari 4 hingga 10 Agustus, di LuLu Hypermarket dan Indonesia Week Festival 2021 yang berlangsung dari 29 Juli hingga 11 Agustus di Sarawat Superstores.

“Bersama kami juga ada para YouTuber yang bersemangat untuk meliput acara ini. Ini salah satu upaya kami untuk mempromosi produk Indonesia. Kami mencatat dalam event ini ada sedikit 83 jenis produk Indonesia yang tengah dipromosikan di Sarawat,” ujar Konsul Jenderal (Konjen) RI Jeddah Eko Hartono saat membuka secara resmi Indonesia Week Festival 2021 di Sarawat Superstores, pada 5 Agustus 2021.

Konjen Eko Hartono berharap, kehadiran produk-produk dari Indonesia semakin diperkuat, salah satunya melalui penguatan kerja sama dengan Sarawat Superstores. Konjen juga meyakinkan produk-produk Indonesia memiliki kualitas dan harga yang kompetitif dibanding dengan produk serupa dari negara lain.

“Kami mengapresiasi dukungan dari manajemen Sarawat dan kolega kami dari negara-negara ASEAN. Harapan kami ke depan lebih banyak lagi produk Indonesia yang dipasarkan melalui Sarawat Superstores. Kami tahu Sarawat menjadi rujukan para ekspatriat dari Filipina, Indonesia dan negara ASEAN lainnya untuk berbelanja barang kebutuhan” imbuh Konjen RI Jeddah.

Sementara itu, para pegiat media sosial menyatakan merasa terhormat dilibatkan dalam ajang promosi produk-produk Indonesia oleh KJRI Jeddah, terlebih karena dikaitkan dengan peringatan HUT RI ke-76.

“Saya merasa bangga dapat berkontribusi menjadi bagian untuk mempromosikan produk negara kita Indonesia di HUT RI ke-76. Semoga ke depannya produk negara kita lebih dikenal, bukan hanya oleh warga Arab Saudi, tapi juga negara-negara yg lain,” ujar Muhammad Sofy pemilik Akun Muhammad Sofi AW (verified) yang memiliki lebih dari 400 ribu pelanggan.

Senanda dengan Muhammad Sofy, YouTuber Muhammad Sopawie, menyatakan ikut bangga sebagai WNI di Arab Saudi mendapat kesempatan meliput event promosi ini.

“Saya sangat senang sebagai WNI dilibatkan, dan saya juga terpanggil untuk ikut mengenalkan produk Indonesia demi kemajuan ekonomi kita,” ungkap pemilik akun Mas Awiee (verified) yang juga memiliki lebih dari 400 ribu subscriber.

KJRI Jeddah akan terus memanfaatkan segenap potensi dari kalangan masyarakat untuk turut mendukung berbagai event promosi di berbagai bidang, khususnya di bidang ekonomi agar produk-produk Indonesia semakin dikenal dan diserap pasar Arab Saudi. yds