Ilustrasi vaksin Covid-19.

SEMARANG (Jatengdaily.com)– Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menargetkan vaksinasi lansia harus naik hingga 100 persen pada minggu ini hingga minggu depan.

Untuk mengejar target itu, Ganjar meminta pola penyuntikan vaksinasi terhadap lansia diubah. Jika semula dosis vaksin yang ada disiapkan sesuai dengan jumlah lansia untuk dua kali penyuntikan, maka selanjutnya seluruh vaksin yang tersedia diberikan untuk lansia yang ada, baik untuk yang baru melaksanakan vaksinasi pertama maupun yang sudah kedua. Hal ini bisa dilakukan menyusul kepastian akan adanya ketersediaan vaksin Covid-19 dalam jumlah besar dari Kementerian Kesehatan RI.

“Nah tahap kedua nanti kita order lagi, sehingga bisa dilakukan percepatan kepada lansia wabil khusus agar mereka bisa mendapatkan layanan vaksin lebih cepat lagi,” tegas Ganjar.

Rencananya, Ganjar akan menaikkan target percepatan secara bertahap, mulai dari 100 persen hingga 300 persen.

“Minggu depannya lagi kita coba naik 200 persen. Sehingga kalau bulan Juli nanti kita mesti ditargetkan naik 300 persen, teman-teman sudah latihan semuanya,” tandasnya.

Sejauh ini Ganjar menilai, secara umum progres vaksinasi di Jawa Tengah sudah berjalan dengan baik.

“(Percepatan vaksinasi) Bagus, saya baru saja selesai membuka secara daring percepatan vaksin di Grobogan sekarang,” kata Ganjar usai memberikan sambutan secara virtual dalam Gebyar Vaksinasi Lansia tahun 2021, Selasa (25/5/2021).

Di sisi lain, ia mengatakan, penanganan Covid-19 di Jawa Tengah saat ini sedang difokuskan pada  pemantauan penyebaran pasca lebaran serta kemunculan klaster Covid-19 varian India B.1617.2 yang baru saja ditemukan. She

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here