Lawang Sewu. Foto: jatengdaily.com

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Setelah objek Wisata Lawang Sewu di Kota Semarang sempat tutup karena pengetatan kegiatan masyarakat, mulai hari ini Kamis (19/8/2021), PT Kereta Api Indonesia (KAI), kembali membuka objek wisata yang ada di tengah kota tersebut.

Humas PT KAI Daop 4, Krisbiyantoro mengatakan, pembukaan kembali objek wisata bersejarah peninggalan Belanda ini, berdasarkan instruksi Walikota Semarang Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, dalam rangka pencegahan penyebaran dan pengendalian Corona Virus Disease (Covid-19) di Kota Semarang.

Seperti diketahui, Pemerintah Republik Indonesia melalui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyebut sejumlah daerah berhasil menurunkan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari level 4 ke level 3. Dalam daftar itu salah satunya disebutkan Kota Semarang, dimana menjadi kota besar pertama di pulau Jawa dan Bali yang berhasil menurunkan status PPKM menjadi level 3.

Dengan penurunan status itu pula, maka sejumlah kegiatan perekonomian dan pariwisata pun berangsur dibuka kembali untuk umum, termasuk diantaranya Lawang Sewu.

Krisbiyantoro mengatakan, dalam praktiknya, pihaknya memastikan penerapan protokol kesehatan terhadap pengunjung maupun petugas Lawang Sewu. Menurut dia, penerapan protokol dilakukan sejak pengunjung akan masuk ke museum sampai di dalam saat melakukan kegiatan wisata.

‘’PT KAI kembali membuka Lawang Sewu, jam operasional dari mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB,’’ jelasnya, Kamis (19/8/2021).

Selain menerapkan protokol kesehatan, para pengunjung juga harus menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19 kepada petugas. Untuk jam buka, nantinya bisa berubah sewaktu-waktu oleh pengelola sesuai dengan instruksi walikota, namun maksimal buka sampai jam 20.00 WIB.  She