Pesepakbola Otavio Dutra, pemain belakang Persija Jakarta. Foto: dok

JAKARTA (Jatengdaily.com)- Setiap orang tentu memiliki mimpi atau cita-cita yang ingin diraih. Namun, sering dihadapkan dengan tantangan. Agar semangat tetap terjaga, kita perlu membekali diri dengan nilai-nilai yang dapat dijadikan sebagai pegangan dalam meraih mimpi, termasuk mimpi menjadi pemain sepakbola profesional.

Ada sedikitnya lima nilai kehidupan yang dapat  dipelajari dari sepakbola yang bisa membantu untuk meraih cita-cita. Selain lima nilai inspiratif ini, untuk bisa meraih setiap impian, dibutuhkan juga tubuh yang bugar dan sehat.

Menunjukkan dukungannya kepada mereka yang saat ini tengah berjuang dalam meraih impiannya, Otavio Dutra, pesepakbola asal Brazil yang telah mendapatkan kewarganegaraan sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) dan tercatat sebagai pemain belakang Persija Jakarta, membagikan nilai-nilai dari sepakbola yang dapat membakar semangat dalam meraih mimpi itu.

Nilai-nila itu, mulai dari fokus pada apa yang ingin dicapai. Seperti tim sepakbola yang ingin mencetak gol dalam satu pertandingan, kamu mungkin juga memiliki beberapa impian yang ingin dicapai dalam waktu yang bersamaan. Namun, kemenangan dengan banyak gol akan sulit diraih jika para pemainnya hanya bermain secara menggebu-gebu tanpa berusaha untuk fokus dalam memanfaatkan setiap peluang yang ada untuk mencetak gol satu per satu. Nah, kamu pun sebaiknya demikian, cobalah untuk fokus dalam meraih impianmu satu per satu.

Selain itu juga adanya disiplin dan kerja keras. Hal ini menurutnya, sangat penting bagi seorang pesepakbola. ‘’Meski terus berlari mengelilingi lapangan yang luas di sepanjang pertandingan tanpa lelah, para pesepakbola bahkan tidak selalu merasakan kemenangan. Demikian halnya dengan mengejar cita-cita, tidak sepenuhnya keringat dan pengorbanan yang kita lakukan membuahkan kesuksesan. Meski demikian, sepakbola juga mengajarkan bahwa yang terpenting adalah kita telah memberikan yang terbaik, tidak mudah menyerah, pelajari apa yang salah dan lakukan perbaikan agar bisa tampil lebih baik,’’ katanya.

Dia juga mengatakan, seorang individu juga harus berani dalam mengambil keputusan. Perubahan susunan pemain dalam tim sepakbola, akibat cidera ataupun penerapan strategi permainan yang tak terduga dari lawan, merupakan sebagian kecil kondisi yang harus dihadapi tim sepakbola dalam suatu pertandingan.

”Tak heran jika sepakbola dikenal sebagai salah satu pertandingan olahraga yang menuntut pengambilan keputusan secara cepat dan akurat. Keadaan dan situasi tak terduga seperti ini juga dapat terjadi dalam upaya meraih mimpi. Karenanya, penting untuk memiliki keberanian dalam mengambil keputusan. Namun perlu diingat untuk tidak gegabah. Kamu bisa mengasah kemampuan ini dengan mempelajari studi kasus dari orang-orang sukses,” jelasnya.

Lebih lanjut menurutnya, tak kalah penting adalah bagaimana kita memiliki kecerdasan emosi. ”Sepakbola juga mengajarkan kita untuk mengelola emosi secara lebih bijak,” katanya.

Jiwa sportivitas juga harus selalu dipupuk. ”Walaupun kita saling berlomba untuk meraih kemenangan dan menjadi yang terbaik, kita tetap harus menjunjung nilai kejujuran dan saling menghormati dan menghargai antar sesama. Kita tidak seharusnya menjatuhkan orang lain hanya demi mencapai tujuan yang kita inginkan,” jelasnya.

Selain menjadikan nilai-nilai di atas sebagai pegangan dalam meraih mimpi, Otavio juga mengingatkan pentingnya menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Terlepas dari apakah Anda seorang pesepakbola atau bukan, tubuh yang sehat adalah salah satu kunci penting untuk meraih impian.

”Tubuh yang sehat dapat memberikan kekuatan kepada kita untuk terus melangkah menghadapi tantangan demi tantangan,” jelasnya.

Oleh karena itu, pesepakbola yang menyukai sejumlah makanan khas Indonesia ini juga mengaku termasuk selektif dalam memilih peralatan penunjang yang dapat dijadikan partner dalam menjaga kebugaran tubuh.

”Saya pribadi merasa beruntung dengan kehadiran jam tangan smartwatch Amazfit GTS 2 yang tidak hanya sporty dalam hal tampilan melainkan juga secara fungsi karena dilengkapi fitur olahraga dengan 70 lebih mode olahraga serta fitur yang dapat memonitor kesehatan tubuh seperti kadar oksigen dalam darah, detak jantung, bahkan hingga tingkat stress,”  jelasnya.

Tak hanya GTS 2, memahami kebutuhan yang berbeda dari para pelanggannya di Indonesia, Amazfit juga menghadirkan 4 varian produk lain dalam kategori GT 2 family diantaranya adalah GTS 2e, GTS 2 mini, GTR 2, dan GTR 2e. Seluruh varian produk yang tergabung dalam GT 2 family memiliki keunggulan menampilkan desain yang ramping dan modern serta berbobot ringan, memiliki layar yang jernih dan tampilan informasi yang mudah dibaca, dilengkapi dengan lebih dari 70 mode olahraga, memiliki fitur monitoring kesehatan seperti detak jantung, tingkat stress, kadar oksigen dalam darah, serta mempunyai baterai dengan daya hidup yang lebih lama. Kelima varian produk yang tergabung dalam Amazfit GT 2 family kini telah tersedia di official store Amazfit yang terdapat di e-commerce ternama di Indonesia seperti Tokopedia dan Shopee. she