Lomba Kreanova Dukung Percepatan Demak Smart City

Bupati dr Hj Eisti'anah didampingi Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Demak H Suhas Bukit berfoto bersama para inventor kreanova terbaik 2021. Foto: rie

DEMAK (Jatengdaily.com) – Menjadi salah satu program unggulan Pemkab Demak adalah mewujudkan Demak Smart City. Dalam rangka mendukung percepatan program tersebut, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Demak menggelar lomba kreativitas dan inovasi (kreanova) 2021.

Bupati Demak dr Hj Eisti’anah menyampaikan, melalui lomba kreanova diharapkan tercipta berbagai inovasi daerah yang outputnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tak terkecuali dalam hal peningkatan kualitas pelayanan publik, pemberdayaan dan peran serta masyarakat, di samping peningkatan daya saing daerah.

“Saya sangat apresiatif atas terselenggaranya lomba kreanova, mengingat lomba ini bertujuan meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah. Oleh karena itulah, pemda memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat, baik perorangan maupun kelompok untuk turut berpartisipasi,” ujarnya, didampingi Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Demak H Suhas Bukit, Jumat (15/10/2021).

Bupati juga berharap, lomba kreanova yang rutin digelar setiap tahun itu menjadi media terbuka warga Demak untuk berkreasi dan berinovasi khusunya di bidang teknologi tepat guna. Terlebih kompetisi tersebut adalah kreatifitas yang dipadukan teknologi.

“Maka inovasi dan teknologi terapan peserta bisa berupa web, software, media sosial maupun mobile. Sehingga diharapkan dapat mendukung percepatan program Demak Smart City,” imbuh Bupati.

Pada saat sama bupati juga berharap, ada tindak lanjut nyata berupa kerjasama Jaringan Penelitian dan Pengembangan (Jarlitbang) antara pemerintah, dunia usaha, dan inventor atau masyarakat.

“Saya juga berharap seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak bisa memanfaatkan teknologi tepat guna yang telah diciptakan dari lomba ini sebagai bentuk jejaring kerjasama (net working),” tandas bupati. rie-yds