Lomba MAPSI SMP Ke X Ditutup, Kontingen Kabupaten Temanggung Boyong Piala Gubernur

Penutupan lomba MAPSI dilaksanakan setelah babak final seluruh cabang selesai.di MAJT. Foto:ist

SEMARANG (Jatengdaily.com). Lomba MAPSI (Mata Pelajaran dan Seni Islami) SMP Ke-10 yang dilaksanakan oleh MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan DPW AGPAII Provinsi Jawa Tengah tanggal 17 Oktober 2021 dan grand final pada tanggal 9 November 2021, telah selesai dilaksanakan. Nuansa sportifitas, kreativitas, solidaritas, dan kebersamaan telah dicapai oleh para peserta yang berasal dari berbagai kabupaten/kota se Jawa Tengahi.

Penutupan ini diadakan diruang Aula Lantai I Masjid Agung Jawa Tengah, masjid kebanggan masyarakat Jawa Tengah. Penutupan lomba MAPSI dilaksanakan setelah babak final seluruh cabang selesai. Meskpun secara sederhana, acara berlangsung lancar, khidmat dan memberikan kesan tersendiri di hati para peserta, pendamping dan panitia.

Hadir mewakili Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Imam Buchori selaku Kepala Bidang PAI pada Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah. Di awal sambutannya, Imam menyampaikan salam dan permohonan maaf dari Kepala Kantor Wilayah yang sedang mengikuti MOT (Master Of Trainer) tentang Moderasi Beragama di Jakarta.

Imam juga mengucapkan terima kasih kepada MGMP PAI SMP, DPW AGPAII dan Pokjawas Provinsi Jawa Tengah yang telah bekerjasama sehingga lomba MAPSI bisa berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Pria murah senyum itu juga menyampaikan ucapan selamat kepada para peserta lomba MAPSI yang telah berkompetensi secara sportif dan kreatif. “Lomba MAPSI ini merupakan ajang kompetisi dan kreativitas bagi siswa SMP di Jawa Tengah, meskipun di tengah masa pandemi Covid-19 yang sangat sulit”, tuturnya.

“Selamat untuk para juara, semoga bisa menjadi motivasi untuk selalu menigkatkan kreativitas dan bagi yang belum juara agar tetap semangat”, imbuhnya. Di akhir sambutannya, Imam menutup secara resmi kegiatan Lomba MAPSI SMP X Jenjang SMP tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Sementara itu, ketua Umum MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah Yaskur menjelaskan bahwa kegiatan ini bisa terlaksana karena kerja keras dan keikhlasan dari pengurus dan anggota MGMP PAI SMP se Jawa Tengah, dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak, seluruh panitia dan dewan juri serta kepada para peserta lomba yang mendapatkan juara untuk diberikan apresiasi. Yaskur mengajak semua pihak untuk mendoakan agar Lomba MAPSI XI tahun 2022 yang insyaAllah akan dilaksankan di kabupaten Jepara bisa terlaksana secara luring.

Pada kesempatan tersebut, ketua panitia lomba MAPSI Syaekudin mengumumkan kejuaraan MAPSI. Syaekudin membacakan SK Ketua Umum MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah yang juga disiarkan secara live melalui Channel Youtube MGMP PAI Kota Semarang di bawah komando Parjiya. Ikut hadir dalam upacara penutupan MAPSI X tahun 2021, Fitri Ati, Kasi Peserta Didik dan Pengembangan Karakter Dinas Pendidikan Kota Semarang yang ikut menyerahkan trophy kejjuaraan dan uang pembinaan.

Hadir pula, Amir Mahmud, Ketua Pokjawa PAI Provinsi Jawa Tengah. Selain itu pada babak final lomba MAPSI ini juga dihadiri oleh Ketua DPW AGPAII Provinsi Jawa Tengah, Muhammad Ahsan dan Sekretaris DPW AGPAII, Hery Nugroho. Dipenghujung acara, ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Sudani.

Berikut hasil lomba setiap cabang lomba berdasarkan kabupaten/kota secara berurutan dari Juara I sampai Juara Harapan III: CCI (Cerdas Cermat Islami): Temanggung, Wonosobo, Kota Semarang, Pati, Demak, Purbalingga.

Pidato Putra: Pemalang, Banyumas, Sukoharjo, Purbalingga, Kota Tegal, Wonosobo. Pidato Putri: Temanggung, Pati, Boyolali, Sukoharjo, Rembang, Cilacap. Tilawah Putra: Kudus, Banyumas, Pati, Cilacap, Demak, Wonosobo. Tilawah Putri: Kota Semarang, Banyumas, Klaten, Magelang, Purbalingga, Kendal. Tartil Putra: Kota Semarang, Kudus, Pemalang, Purbalingga, Wonosobo, Magelang. Tartil Putri: Pati, Brebes, Kota Semarang, Grobogan, Banyumas, Kab. Semarang.

Tahfidz Putra: Banyumas, Batang, Boyolali, Karanganyar, Jepara, Kota Semarang. Tahfidz Putri: Kudus, Klaten, Pati, Temanggung, Wonosobo, Magelang. Kaligrafi Putra: Temanggung, Kudus, Banyumas, Pati, Demak, Magelang. Kaligrafi Putri: Temanggung, Cilacap, Banyumas, Kota Pekalongan, Kota Tegal, Pati. Rebana: Rembang, Wonosobo, Kab Semarang, Kab. Magelang, Kota Semarang, Temanggung.

Perolehan nilai akumulasi kejuaraan terbanyak Kab. Temanggung disusul Kab. Banyumas dan Kota Semarang. Keluar sebagai Juara Umum dan berhak memboyong piala bergilir Gubernur Jawa Tengah adalah kontingen dari Kabupaten Temanggung.st