Mahasiswa Undip Ajak Warga Gedawang Tanam TOGA

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Sejak tanggal 3 Juli 2021, Presiden Jokowi telah menetapkan PPKM Darurat Jawa-Bali. Aturan baru ini meliputi pembatasan-pembatasan lebih ketat daripada yang selama ini berlaku.

Hal ini mengakibatkan kegiatan Work From Home (WFH) mengalami peningkatan. Tak jarang akibat kegiatan rutinitas yang berubah namun monoton di rumah saja, masyarakat cenderung mudah bosan dan jenuh. Oleh karena itu diperlukan salah satu cara untuk memanfaatkan momen di rumah saja.

Melihat terjadinya permasalahan ini, Rosemerry sebagai salah satu Mahasiswa KKN UNDIP Tim II 2020/2021 mengajak warga Gedawang dalam aksi penanaman tanaman obat keluarga dengan ibu ibu PKK RT 6 RW 7 Kelurahan Gedawang, Kota Semarang.

Tanaman obat menjadi alternatif masyarakat sebagai salah satu cara untuk meningkatkan sistem imun dan produktivitas diri terhadap serangan pandemi COVID-19 saat ini. Tanaman Obat Keluarga (TOGA) pada hakekatnya adalah tanaman berkhasiat yang ditanam di lahan pekarangan yang dikelola oleh keluarga. Ditanam dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan tradisional yang dapat dibuat sendiri.

Selain itu, kiranya dengan ada kegiatan tanam menanam ini dapat dijadikan sebagai alternatif untuk warga sebagai penghilang jenuh di tengah PPK ini. Di saat pandemi seperti ini juga, diharapkan tanaman ini dapat diolah dan dimanfaaatkan menjadi obat-obat, bumbu dapur bahkan dikembangkan untuk berjualan sebagai salah satu bentuk pemenuhan kebutuhan keluarga.

Kegiatan ini diawali dengan pembagian buku saku seputar pengenalan dan pemanfaatan tanaman obat di Grup Whatsapp warga. Selanjutnya, kegiatan menanam bersama ini dilakukan pada 1 Agustus 2021 yang diikuti oleh beberapa ibu-ibu PKK dari RT 6. Beberapa jenis tanaman obat yang ditanam berupa jahe merah, jeruk purut, pegagan dan lidah buaya.

Selain itu, ibu – ibu PKK juga senang hati membawakan beberapa bibit yang mereka miliki di rumah untuk meramaikan lahan kosong tersebut. “Saya senang dengan bantuan Mba Rose melakukan kegiatan KKN disini. Mudah – mudahan kegiatan sosialisasi dan hasil penanaman tanaman TOGA bersama ini dapat dituai oleh warga RT 6 RW 7 ini” ujar Bu Jum sebagai salah satu warga RT 6 RW 7.
Penulis: Rosemerry Fatmawati (Teknik Kimia UNDIP)-yds