Masjid Baitussalam Gelar Pelatihan Dakwah Bagi Remaja

Takmir Masjid Baitussalam Ngaliyan menggelar rapat kerja. Foto:ist

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Takmir Masjid Baitussalam, Ngaliyan, Semarang, akan mengadakan Pelatihan Dakwah bagi Remaja Masjid awal tahun 2022. Kegiatan itu merupakan salah satu program yang dibahas dalam Rapat Kerja Pengurus Takmir masjid tersebut, Kamis malam, 2 September 2021.

Ketua Takmir Masjid Baitussalam Periode 2021-2024 Masono mengatakan, rapat kerja dengan protokol kesehatan ketat tersebut dilaksanakan untuk menyusun program kerja selama satu periode. Sejumlah bidang dan seksi yang ada dalam kepengurusan mengajukan program-programnya masing-masing untuk dibahas dalam raker.

Menurut Masono, program Pelatihan Dakwah bagi Remaja Masjid sangat penting untuk dilakukan. Kegiatan ini bisa menjadi sarana untuk kaderisasi mubaligh dan mubalighat dari kalangan generasi muda.

“Apalagi akhir-akhir ini keterlibatan para remaja dalam aktivitas masjid jauh berkurang. Tidak seramai dulu,” ujarnya.
Sejarah Baitussalam

Dalam forum itu Ketua Yayasan Baitussalam Didik Suwarsono selain menceritakan sejarah singkat berdirinya Masjid Baitussalam juga mengingatkan, agar program kerja yang disusun tetap memperhitungkan situasi pandemi covid-19.

“Hal ini karena bagaimana pun kita harus hidup berdamai dengan corona. Demikian juga dalam kegiatan keagamaan dan peribadatan,” katanya.

Sedangkan Ketua RW IV M. Saefullah mengingatkan, agar program kerja takmir masjid memprioritaskan penguatan sumber daya manusia. Di samping itu, penataan fisik masjid juga harus diperhatikan secara serius.

“Sebagai lembaga takmir perlu memperhatikan prinsip-prinsip manajemen. Selain ada perencanaan, harus ada pengarahan, koordinasi, dan pengawasan,” ujarnya.

Sejumlah program selain pelatihan dakwah bagi remaja masjid, yang sempat muncul dalam pembahasan forum antara lain kuliah subuh, pengajian tiap Jumat Kliwon, pengajian tiap Kamis malam, pengajian dengan mengundang ustaz dari luar, MTQ bagi remaja, pelatihan kepemimpinan, pelatihan bahasa Arab, dan penerbitan brosur dakwah.st