Vaksinasi. Foto: setkab

JAKARTA (Jatengdaily.com)- Untuk memberi perlindungan  garda terdepan yang menangani Covid-19, yakni para tenaga kesehatan (nakes), pemerintah mengambil langkah dengan booster berupa vaksin untuk ketiga kalinya mulai minggu depan bagi para nakes.

Pemerintah telah memutuskan bakal menggunakan vaksin Moderna dalam rencana booster vaksin. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut keputusan untuk menggunakan Moderna telah diambil dalam diskusi bersama Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan BPOM.

Budi mengatakan, penyuntikan para nakes ini juga dilatarbelakangi, jika nakes sangat rentan tertular atau terpapar Covid-19.

Kondisi ini apalagi mengingat saat ini, jumlah masyarakat yang terpapar Covid-19 melonjak. Di satu sisi, juga menyusul laju penyebaran varian baru yang tercatat terus meningkat beberapa pekan terakhir.

Tujuan dengan penyuntikan ini, adalah memberi kekebalan tubuh para nakes dari paparan Covid-19. “Mereka harus kita lindungi mati-matian agar bisa konsentrasi bekerja,” ucap dia.

Di satu sisi, saat ini tidak sedikit nakes yang meskipun sudah divaksin dua kali, juga terpapar virus Covid-19. Booster menurutnya, dapat berbentuk suntikan kedua dengan jenis vaksin berbeda, suntikan vaksin ketiga setelah dosis lengkap, atau vaksin reguler tiap tahun untuk memperkuat kekebalan seperti vaksin flu.

Budi mengatakan, vaksin Moderna diperkirakan tiba di Indonesia pada Minggu (11/7/2021). Selanjutnya, vaksinasi ketiga terhadap nakes menyusul akan digelar pada pekan ketiga Juli 2021. She