Ketua Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BP2KL), Hevearita Gunaryanti Rahayu melihat persiapan pembanguna patung Bung Karno oleh KAI. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Pembangunan pintu atau gate masuk dan gate keluarĀ  di area Stasiun Semarang Tawang akan dimulai pada 1 Februari 2021. Hal ini akan merubah arus lalulintas untuk masuk dan keluar menuju Stasiun Tawang.

Jalan Taman Tawang akan ditutup sementara (depan Stasiun Tawang) dan akan dialihkan ke Jl.Merak. Untuk masuk ke Stasiun Tawang melalui Jl.Merak dan berbelok ke arah Loko Cafe yang berada di sebelah barat Polder, begitu juga sebaliknya untuk akses keluar dari Stasiun Tawang.

Rekayasa arus lalulintas ini menurut Kepala Humas Daop 4 Semarang,  Krisbiyantoro, sudah dikoordinasikan dengan Pemerintah Kota Semarang, Dinas Perhubungan Kota dan Polsek Semarang Utara untuk membantu kelancaran lalulintas di area tersebut.

Sedangkan untuk kendaraan bermuatan besar / truk yang akan melintas bisa menggunakan jalan alternatif lewat Jl.Mpu.Tantular, yang berada di sisi barat Jl.Merak.

Penutupan akses Jl.Taman Tawang ini, terkait dengan pembangunan Patung Bung Karno setinggi 14 meter dan Masjid yang juga merupakan rangkaian pekerjaan dalam rangka mempercantik Kota Lama, sebagai dukungan KAI kepada Pemerintah Kota Semarang.

Area Stasiun Semarang Tawang tak terlepas dari bagian Kawasan Kota Lama yang harus juga selaras dan bersinergi dengan pembangunan Kota Lama yang semakin indah.

Dan bagi masyarakat pengguna jasa Bus (Trans Jateng / Trans Semarang) untuk naik dan turunnya dapat diakomodir di ruas jalan selatan Polder sebagai “drop zone” penumpang.

Ketua Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BP2KL), yang juga Wakil Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, terkait rencana pembangunan patung Bung Karno, dirinya telah diundang Kadaop PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 4 Semarang untuk melihat dimulainya pencanangan pembangunan.

Untuk peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan patung sebenarnya telah dilakukan sejak 2019 dan rencananya hendak diresmikan di 2020. Karena adanya kondisi pandemi Covid-19, membuat rencana tersebut tertunda dan baru dimulai kembali. She