Penguatan Ekonomi, Tim KKN UNS Beri Pelatihan Warga Kebumen

Mahasiswa KKN UNS memberi pelatihan pada warga Candiwulan, Kebumen. Foto: dok

KEBUMEN (Jatengdaily.com) – KKN periode Januari-Februari 2021, Universitas Sebelas Maret Surakarta menerapkan tema KKN yakni Tematik Integratif. Pelaksanaan KKN dilaksanakan secara berkelompok dengan lokasi berdasarkan domisili masing-masing.

Hal tersebut dikarenakan masih di masa pandemi COVID-19. Salah satu daerah yang menjadi lokasi kegiatan KKN adalah Kelurahan Candiwulan, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Kegiatan KKN dilaksanakan mulai dari 12 Januari – 25 Februari 2021.

Tim KKN UNS kelompok 42 yang beranggota 10 orang, mengusung tema “Penguatan Ekonomi” dengan bimbingan dari Sorja Koesuma, SSi, MSi sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Berbagai program kerja dilaksanakan oleh kelompok 42 KKN UNS dalam rangka penguatan ekonomi kreatif di Desa Candiwulan.

Program yang dijalankan dibagi menjadi 2, yakni proker (program kerja) utama dan proker penunjang. Proker utama dilaksanakan di lokasi utama yaitu Kelurahan Candiwulan, sedangkang untuk proker penunjang dilakukan dimasing-masing tempat tinggal anggota kelompok.

Program kerja utama yang dilaksanakan oleh tim KKN UNS kelompok 42 ada 3, yakni sosialisasi strategi marketing di media sosial, pelatihan pembuatan packaging dan foto produk, dan pelatihan pembuatan dried flower card box dan buket hijab.

Tujuan dari program-program tersebut dilaksanakan adalah, agar masyarakat memiliki inovasi yang lebih luas terkait kegiatan Industri Kreatif, sehingga diharapkan bisa menciptakan peluang usaha dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terdapat di Desa Candiwulan bisa berkembang.

Pelaksanaan program kerja sosialisasi strategi marketing di media sosial berlangsung pada Jumat, 29 Januari 2021 dengan peserta dari para remaja RW 03. Kegiatan dilaksanakan secara luring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Tujuan dari sosialisasi ini adalah memberikan pemahaman kepada para anak muda tentang bagaimana cara berbisnis yang tepat melalui sosial media.

Melalui kegiatan ini, tim mahasiswa UNS ingin memberikan motivasi agar para remaja bisa memanfaatkan teknologi untuk berbisnis. Apalagi di tengah pandemii seperti sekarang, media sosial sangat berperan penting dalam hal pemasaran usaha agar lebih efektif.

Program kerja ke dua adalah pelatihan pembuatan packaging dan foto produk. Pelatihan yang berlangsung pada Sabtu, 30 Januari 2021, dilaksanakan secara luring dengan peserta dari perwakilan ibu-ibu yasinan RW 3 Kelurahan Candiwulan. Pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan inovasi bagaimana cara membuat kemasan produk yang menarik.

Selain itu, tips foto produk yang tepat juga penting dalam hal pengelolaan usaha. Apalagi di persaingan dunia usaha yang ketat sekarang, packaging dan foto produk bisa meningkatkan berguna untuk meningkatkan nilai jual dan menarik perhatian konsumen.

Program kerja ke tiga, pelatihan pembuatan dried flower card box dan buket hijab. Pelatihan yang dilaksanakan pada Minggu, 31 Januari 2021, diikuti oleh para remaja RW 03 Kelurahan Candiwulan. Kegiatan pelatihan bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas dan menciptakan peluang bisnis di kalangan remaja. Sebelumnya, mereka telah dibekali dengan sosialisasi strategi marketing di media sosial.

Kepala Desa Candiwulan, Bapak Ahmad Zahrudin Syauqi pun menyambut baik program kerja yang dilaksanakan oleh tim KKN UNS kelompok 42. Menurutnya, dengan adanya mahasiswa yang berkontribusi dan menyalurkan ilmu yang didapatkan dalam lingkungan masyarakat, diharapkan bisa membantu memberi berbagai solusi untuk bisa mengembangkan Desa Candiwulan menjadi lebih maju dalam aspek ekonomi.
Penulis : Nurhasanah (Pendidikan Bahasa Jawa/Universitas Sebelas Maret Surakarta)-yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here