Perangi Covid-19 di Kota Semarang, Tim Penggerak PKK Diminta Bantu Edukasi Warga

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi melakukan rapat koordinasi Tim Penggerak PKK Kota Semarang secara virtual. Foto:dok/humas Pemkot

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Tim Penggerak (TP) PKK Kota Semarang diminta bersinergi dengan pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19. Khususnya, dalam mengedukasi dan menyosialisasikan mengenai pencegahan virus tersebut kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi rapat koordinasi Tim Penggerak PKK Kota Semarang secara virtual, Rabu (27/1/2021). Menurutnya, PKK memiliki peran strategis di masyarakat sebagai edukator, sehingga pada penanganan Covid-19 memiliki kontribusi yang besar.

“PKK dapat ikut berperan di dalam mengedukasi dan menyosialisasikan kepada masyarakat agar tidak tertular Covid-19. Sampaikan kepada masyarakat untuk selalu melaksanakan 3M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak ataupun pengembangannya menjadi 4M atau 5M,” jelas Hendi, sapaan akrabnya.

Ditambahkan, upaya mengedukasi masyarakat harus terus dilakukan, dan semua informasi harus disampaikan dengan jelas. Sehingga, tidak terjadi disinformasi di masyarakat.

Terkait dampak sosial ekonomi dari pandemi, Hendi juga meminta agar PKK dapat semakin peka melihat kondisi sosial yang ada di sekitarnya.

“PKK harus bisa tampil di depan melihat dan jika memungkinkan ikut membantu secara detail siapa saja yang hari ini susah makan atau terdampak pandemi ini,” harap Hendi.

Sepanjang pandemi, lanjut Hendi, selain bantuan sembako, Pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Sosial juga secara rutin membagikan bantuan berupa 6.000 dus makanan melalui program Jumat berkah. Menurutnya, program ini sangat terbuka dengan bantuan dan dukungan dari para kader PKK.

Ketua TP PKK Kota Semarang Krisseptiana Hendrar Prihadi menyampaikan, pihaknya akan terus siap berjalan selaras dengan berbagai program Pemerintah Kota Semarang, untuk memberikan kemanfaatan yang semakin luas bagi warga masyarakat. Mengawali 2021, sinkronisasi dan evaluasi dilakukan agar kerja sama PKK dan Pemkot ke depan semakin baik. st

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here