in ,

Perkuat DUDI, ITB Semarang MoU dengan PHRD Jateng

Penandatangan MoU Kerjasama oleh Wakil Rektor II ITB Semarang dan Ketua PHRD Jateng. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Institut  Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang melakukan penandatanganan perpanjangan MoU (Memorandum of Understanding)  dengan Perhimpunan Human Resources Development (PHRD) Jawa Tengah.

Penandatangan dilakukan oleh Wakil Rektor II (Bidang Kerjasama Dalam dan Luar Negeri) ITB Semarang Dr Sudarman SE MM AKT CA CPA   dengan Ketua PHRD Jateng Agung Budi Tri Harjanto STArs bertempat di Kampus ITB Semarang, Jalan Jenderal Sudirman No.346, Semarang, Sabtu (27/11/2021).

Dr Sudarman mengatakan, prioritas dalam MoU adalah kerjasama  dalam bentuk pemagangan kerja di dunia industri bagi mahasiswa ITB Semarang. Juga pelatihan meningkatkan soft skill para mahasiswa ITB Semarang di sejumlah perusahaan anggota PHRD, dan perolehan sertifikasi keahlian.

Adapun salah satu bentuk kongkritnya adalah adanya program Kelas Peduli Kuliah yang dibuka ITB Semarang.

Dimana Program Kelas Peduli Kuliah adalah menampung lulusan SMA, SMK, dan MA sederajat dari keluarga yang kurang mampu, namun ingin kuliah dan merubah nasib menjadi lebih baik.

Mereka akan dilatih, kemudian ditempatkan untuk bekerja di sejumlah perusahaan yang tergabung dalam PHRI tersebut. ‘’Program ini sangat diminati oleh lulusan SMA sederajat,’’ jelasnya.

Sebab menurutnya,  mahasiswa bisa bekerja, dan di satu sisi, gaji yang mereka peroleh bisa untuk biaya kuliah.

Sementara itu, Rektor ITB Semarang Prof Dr Y Sutomo MM, menyambut baik adanya keberlanjutan kerjasama ini, yang semakin memperat hubungan antara ITB Semarang dengan PHRD Jateng.

‘’Kerjasama ini memberi manfaat kedua pihak, dengan tujuan sama, yakni membangun generasi penerus bangsa yang berkompeten,’’ jelasnya.

Sementara itu, Ketua PHRD Jateng  mengatakan, dengan kerja sama ini diharapkan bisa menjadi sarana bagi PHRD Jateng untuk ikut mengembangkan dunia pendidikan dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

Pasalnya, sinergitas antara perguruan tinggi dan kalangan dunia industri menjadi satu kesatuan yang baik, dalam mendidik mahasiswa agar siap memasuki dunia kerja.

‘’Perusahaan memberi wadah magang dan pelatihan bagi para mahasiswa. Program ini juga didorong oleh pemerintah agar perguruan tinggi dan kalangan dunia industri berkolaborasi,’’ jelasnya.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan webinar. Dengan tema Menciptakan Kepemimpinan, Integritas dengan Komunikasi Yang Efektif.

Hadir sejumlah nara sumber dalam webinar ini, yakni  Agung Prihandono ST, Praktisi Sumber Daya Manusia dan Pakar Komunikasi  Ariyananda Susilo, serta  Manager HRD dan GA PT Indo Sakura Indah Salatiga Yohanes Budhi Setia Y SPsi. she

Written by Jatengdaily.com

Sempat Drop, Putra Kedua Almarhum Ustadz Arifin Ilham, Ameer Azzikra Meninggal Dunia

Sekretariat DPRD Demak Luncurkan JDIH dan SIAMAT