in

Perlu Persiapan Hadapi Kematian

Masono
Masono

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Setiap manusia, terutama kaum muslimin, perlu persiapan dalam menghadapi kematian. Bukan hanya bekal amal ibadah saja, namun juga hal-hal teknis ketika maut datang. Apalagi kematian itu datangnya sering sangat mendadak atau tiba-tiba. Kita sering tidak siap dalam menghadapi dan menanganinya.

Hal itu dikemukakan oleh Ketua Takmir Masjid Baitussalam Ngaliyan Semarang Masono ketika memberikan kultum (kuliah tujuh menit) di depan para jamaah salat isya, tarawih, dan witir di masjid tersebut, Minggu malam, 9 Mei 2021. Bertindak sebagai imam salat adalah ustad Mudlomir.

Masono mengatakan, kalau kita akan menyelenggarakan pernikahan selalu dipersiapkan dengan matang dan lama, bahkan dibentuk kepanitiaan. Misalnya, menyangkut gedung, konsumsi, penerima tamu, dekorasi, hiburan, dan sebagainya.

Namun, lanjut Masono, tidak demikian dengan ketika kematian tiba. Sering terjadi ketika kematian datang, kita panik dengan masalah penggalian kubur, ambulans, mengurus serta memandikan mayat, siapa yang menjadi pewara, memberikan sambutan dan doa saat pemberangkatan maupun penguburan jenazah, mengimami salat, dan sebagainya. Kita sering kebingungan menghadapi hal ini.

“Hal ini tentu saja menjadi keprihatinan kita. Apalagi selalu terulang setiap ada kematian di lingkungan kita. Padahal kalau kita mempersiapkannya secara matang, hal itu tidak akan terjadi. Oleh karena itu Masjid Baitussalam merasa terpanggil untuk memberikan pelatihan mengenai hal-hal teknis tersebut, seperti tata cara pemulasaran jenazah, dan lain-lain,” tandasnya seraya mengharapkan agar setiap RT mengirimkan pesertanya untuk mengikuti pelatihan tersebut.

Masono juga mengingatkan, agar para jamaah Masjid Baitussalam selalu hadir mengikuti kegiatan di bulan Ramadan yang diadakan, termasuk salat tarawih dan witir. Apalagi pada saat-saat kemungkinan besar turunnya Lailatul Qadar, kita harus lebih intensif beramal baik dan beribadah.“Insyaallah, malaikat akan mencatat setiap perbuatan baik dan amal ibadah kita,” katanya.st

Written by Jatengdaily.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Idul Fitri dan Kemenangan Sejati

LBH Petir Peduli, Bagikan Sembako kepada 120 Janda Tua, Tukang Becak, dan Tukang Sampah