Pertamina Hulu Rokan Gandeng PPSDM Migas Optimalkan Kompetensi Perawatan Sumur

BLORA (Jatengdaily.com) -PPSDM Migas (Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi) dalam masa pandemi terus meningkatkan kerja sama dengan Pertamina melalui salah satu sub holdingnya yaitu PT Pertamina Hulu Rokan (PHR).

Kerja sama ini menyasar pada peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia) melalui pelatihan untuk Perawatan Sumur Tingkat Operator Unit Perawatan Sumur (OUP) dan Ahli Perawatan Sumur (APS) yang diselenggarakan pada hari Senin dan Selasa tanggal 06 – 07 Juli 2021.

Karwandi, pengajar pada pelatihan ini menjelaskan bahwa pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi tenaga pengawas atau supervisor bidang perawatan sumur migas.

“Pelatihan ini bertujuan agar pekerja yang mempunyai tugas mengoperasikan dan mengendalikan unit perawatan sumur mempunyai kompetensi yang terus meningkat. Selain itu agar para pekerja juga mampu melaksanakan tugas sesuai dengan standard operating procedure (SOP),” ungkap Karwandi.

Karwandi menambahkan bahwa pada pelatihan ini, peserta mendapatkan materi tentang Rig Equipment and Fishing Tools , Surface and Sub Surface Equipment, Completion Fluid, Well Control, dan Well Control Simulator yang akan diberikan selama dua hari pelatihan oleh para praktisi dan pengajar dari PPSDM Migas.

Seperti diketahui, Blok Rokan akan dikelola oleh PHR di bawah naungan PT Pertamina Hulu Energi selaku Subholding Upstream. PHR mengelola Wilayah Kerja dan Asset Hulu yang ada di Wilayah Sumatera yang dikenal dengan Regional 1 – Sumatera Subholding Upstream.

PHR yang juga sebagai Regional 1-Sumatera di Subholding Upstream Pertamina tidak hanya mengelola blok Rokan namun juga mengelola seluruh blok atau wilayah kerja Pertamina di Sumatera.st