Ilustrasi

JAKARTA (Jatengdaily.com)– Pemerintah kembali memperpanjang pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2, 3, dan 4 di sejumlah wilayah Jawa dan Bali hingga 16 Agustus 2021.

“Atas arahan presiden, maka PPKM level 4, 3, dan 2 di Jawa Bali akan diperpanjang sampai 16 Agustus 2021,” kata Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Senin (9/8).

Perpanjangan PPKM ini berlanjut, dari periode-periode sebelumnya. Dengan emmandang kasus Covid-19 yang belum usai.

Awalnya pemerintah menerapkan PPKM Darurat 3-20 Juli, kemudiandiperpanjang dengan istilah PPKM Level 4 pada 20-25 Juli, 26 Juli-2 Agustus, dan 3-9 Agustus.

Lantas mengapa PPKM dilanjutkan, menurut Luhut terjadi penurunan kasus positif Covid-19 hingga 59,6 persen, selama pelaksanaan PPKM.

Meski begitu, di satu sisi lonjakan kasus Covid-19 juga masih terus diwaspadai. Pasalnya pemerintah menyoroti tren lonjakan kasus virus Covid-19 di sejumlah provinsi luar Jawa dan Bali. Ia menyebut tren lonjakan itu terjadi selama dua pekan terakhir.

Setidaknya ada lima provinsi yang mengalami lonjakan kasus Covid-19 harian tinggi, yakni Kalimantan Timur, Sumatera Utara, Papua, Sumatera Barat dan Riau. Dalam PPKM kali ini, perjalanan juga dibatasi, yakni harus menyertakan kartu Vaksin dan tes antigen atau rapit tes. Pengunjung mall juga harus menunjukkan kasrtu vaksinasi. She