Promosi dan Mutasi di Kanwil Kemenag, Afief Mundzir Kabid Penais, Ahyani Kabid Haji dan Umrah   

Para pejabat baru berfoto bersama usai pelantikan oleh Kepala Kanwil Kemenag Jateng Mustain Ahmad SH MH di Kanwil Jalan Sisingamangaraja 5 Semarang, belum lama ini.Foto:ist

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Sebanyak delapan pejabat baru di Kanwil Kemenag Jateng dilantik Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Jateng Mustain Ahmad SH MH, belum lama ini. HM Afief Mundzir SAg MSi dipromosikan menjadi Kepala pada Bidang Penerangan Agama Islam, Zakat, dan Wakaf Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.

Afief yang alumni Pondok Pesantren Futuhiyyah Suburan Mranggen, Demak, menggantikan Drs H Ahyani MSi yang kini menjadi Kepala pada Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah. Sedangkan Ahyani yang menjadi Sekretaris Umum LPTQ Jawa Tengah dan Sekretaris Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jateng menggantikan Drs Moh Saidun yang menjadi dosen UIN Walisongo Semarang.

Jabatan Kepala Sub Bagian pada Sub Bagian Informasi dan Hubungan Masyarakat Bagian Tata Usaha yang ditinggalkan Afief Mundzir diisi oleh Nurzaini. H Suhadi SAg MSi semula Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora dimutasi menjadi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Purbalingga. H Hanif Hanani SH MH semula Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen dimutasi menjadi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali.

Sementara Ihsan Muhadi SAg MSi semula Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo dimutasi menjadi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen menggantikan Hanif Hanani.

HM Kafit SAg MPd semula Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus promosi menjadi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Blora menggantikan Suhadi.

Drs Muh Mu’alim MPdi semula Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali promosi menjadi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo menggantikan Ihsan Muhadi. Sedang Mukhlis Abdillah SAg MH semula Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga promosi menjadi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang menggantikan Drs H Muhdi MAg.
Tuntutan Kekinian

Upacara pelantikan berlangsung di aula Kanwil Kemenag Jateng Jalan Sisingamangaraja Semarang dengan protokol kesehatan ketat.

Kepala Kanwil Kemenag Jateng Mustain Ahmad dalam pidatonya meminta para pejabat yang baru dilantik diminta mengenali tugas dengan baik. Menemukan cara-cara yang paling efektif untuk bisa melaksanakan sekaligus menyelesaikan tugas tanggungjawabnya di tengah tuntutan kekinian. Yaitu satu sisi menghadapi pandemi Covid-19, di sisi lain harus tetap produktif dan aman yaitu bisa melayani kegiatan masyarakat dalam bidang keagamaan dengan produktif sekaligus aman terjaga dari terpapar Covid-19 di lingkungan ASN maupun masyarakat.

‘’Saya mengingatkan dua hal suasana batiniah atau spirit yaitu tentang loyalitas dan kecepatan. Loyalitas memastikan sebagai ASN wajib loyal kepada ideologi dan konstitusi Pancasila dan UUD 1945 yang representasinya loyal kepada Pemerintah Presiden, Menteri Agama dan jenjang birokrasi dari pusat sampai daerah. Loyalitas agar dijaga agar jalannya organisasi menjadi efektif,’’ tegasnya.

Apalagi menurut Mustain, Kementerian Agama organisasasinya cukup besar. Rentangnya cukup lebar dari pusat sampai daerah dari Ibu Kota Provinsi sampai ujung kecamatan.
Spirit kecepatan menyelesaikan persoalan dan memastikan penyelesaian itu dirasakan betul manfaatnya oleh masyarakat.

”Khusus kepada Kepada Kepala Bidang Haji dan Umrah saya sampaikan suasana batiniah jamaah haji yang dua tahun ini tertunda untuk dilakukan terus pendampingan dengan manfaatkan pengalaman yang mempunyai hubungan luas sebelumnya Pak Ahyani dengan para penyuluh. Jamaah ini perlu terus mendapat informasi dan edukasi bisa melibatkan para penyuluh,’’ katanya.

Kepada pejabat baru Kabid Penais Afief Mudzir, dia meminta agar mendayagunakan gerak para penyuluh dalam mengembangkan moderasi agama dan kualitas pengembangan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) di Jawa Tengah. st