Ratusan Mahasiswa PEM Akamigas Ikuti Sertifikasi di PPSDM Migas

PPSDM Migas telah meneken sejumlah kerja sama dengan PEM Akamigas untuk menggelar pelatihan dan sertifikasi. Foto: ppsdm migas

CEPU (Jatengdaily.com) – PPSDM Migas (Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi) merupakan salah satu unit kerja, dari 5 unit kerja yang lain seperti PPSDM Geominerba, PPSDM KEBTKE, PPSDM Aparatur, PEM Akamigas dan PEP Bandung, dibawah Eselon 1 BPSDM ESDM (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral) yang dinaungi oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Selain PPSDM Migas, terdapat PEM (Politeknik Energi dan Mineral) Akamigas yang berada dalam satu wilayah yakni di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah.

Inilah yang menjadikan ke dua unit kerja ini saling bahu membahu untuk meningkatkan personel di sektor minyak dan gas bumi. Jika PPSDM Migas meningkatkan kompetensi pekerja dunia migas, berbeda halnya dengan PEM Akamigas sebagai penyelenggara pendidikan vokasi bidang minyak dan gas bumi yang handal dan satu – satunya di Indonesia di bawah Kementerian ESDM.

Oleh sebab itu, PPSDM Migas telah meneken sejumlah kerja sama dengan PEM Akamigas untuk menggelar pelatihan dan sertifikasi.

Agus Alexandri, Koordinator Progam PPSDM Migas menjelaskan bahwa ada ratusan mahasiswa dari PEM Akamigas yang mengikuti peningkatan kompetensi di PPSDM Migas dengan blended learning.

“Untuk totalnya ada sekitar 240 orang mahasiswa ya dari PEM Akamigas dan itu terbagi dalam 5 batch/gelombang,” ungkap Agus.

Agus menambahkan bahwa pada minggu ini saja (28 Juni – 2 Juli 2021) ada 5 (lima) program yang diikuti yaitu pelatihan dan sertifikasi K3, Perawatan Mekanik, Pengujian BBM Non Penerbangan, Pemrosesan Gas Bumi, Pengujian Air, serta Teknisi Operasi CDU (Crude Distilling Unit) dengan total sekitar 161 mahasiswa.

“Kami, PPSDM Migas tentunya sangat mendukung program kerja sama antara PPSDM Migas dan PEM Akamigas karena sebagaimana diketahui tujuan kita adalah bersama – sama meningkatkan kompetensi personel sektor migas,” tegasnya.

Senada dengan hal ini, Erdila Indriyani sebagai Wakil Direktur I PEM Akamigas juga menandaskan bahwa tujuan PEM Akamigas mengirimkan mahasiswanya mengikuti pelatihan dan sertifikasi di PPSDM Migas adalah agar terciptanya output/lulusan yang berkompeten di bidangnya.

“Tujuan akhir kami adalah mencetak lulusan Sarjana Terapan bidang minyak dan gas bumi dengan menambahkan 3 (tiga) sertifikasi kompetensi sebagai barometer kualitas lulusan,” ungkapnya.

Erdila juga menegaskan bahwa PEM Akamigas telah membekali mahasiswanya dengan tiga sertifikasi yaitu sertifikasi TOEIC/TOEFL, K3 migas dan sertifikasi keahlian sesuai bidang minat program studinya. yds