Rayakan HUT RI, FPDIP Demak Berbagi di Panti Asuhan

Penyantunan anak yatim di Panti Asuhan Yatim Piatu Darrul Hadlonah Demak oleh Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Demak yang dihadiri pula Bupati dr Hj Eisti'anah berlangsung dengan standar protokol kesehatan. Foto: rie

DEMAK (Jatengdaily.com) – Masih dalam rangka memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI, Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Demak merayakannya dengan berbagi kegiatan bersama anak yatim. Bertempat di Panti Asuhan Yatim Piatu Darrul Hadlonah Demak, para politisi partai berlambang banteng itu mengungkapkan syukur berkesempatan hidup di alam merdeka, dengan menyantuni anak-anak yatim sembari mengajarkan mereka tentang nasionalisme.

Ketua DPRD sekaligus Ketua DPC PDIP Kabupaten Demak H Fahrudin BS menyampaikan, selama ini perayaan HUT Kemerdekaan RI identik dengan suka cita dan gegap gempita. Aneka lomba digelar, untuk menyemarakkan terbebasnya bumi Pertiwi dari belenggu penjajahan.

“Namun karena sudah dua tahun ini HUT Kemerdekaan RI berlangsung di masa pandemi corona, maka pesta perayaan ditiadakan. Di samping menghindari kerumunan yang berpotensi menjadi sumber penyebaran COVID-19, juga karena dalam kondisi prihatin seiring banyaknya korban berjatuhan akibat terkonfirmasi serta kehidupan yang terpuruk dampak lumpuhnya perekonomian,” ujarnya, Rabu (18/8/2021).

Sehubungan kondisi Kabupaten Demak yang membaik, turun level dari 4 ke 2 sejak penerapan PPKM, maka Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Demak menggelar tasyakuran. Sekaligus berbagai santunan anak yatim, karena HUT Kemerdekaan RI tahun 2021 ini berlangsung pula di bulan Asyura atau Muharam.

Bulan Muharam istimewa bagi umat muslim karena selain peringatan tahun baru Hijriyah pada tanggal 1 Muharram, sebagian masyarakat juga menganggap tanggal 10 Muharram adalah Hari Raya atau lebaran anak yatim.

“Nabi Muhammad SAW sangat menyayangi anak yatim. Bahkan memuliakannya pada setiap bulan Muharam (tanggal 10), menjamu dan menyantuninya. Kami ingin meneladani sikap Rasulullah tersebut,” ungkap FBS, yang hadir bersama segenap anggota Fraksi PDIP.

Lebih lanjut disampaikan, berbagi bersama anak yatim diharapkan pula agar mendapat kekuatan doa dari anak-anak yatim. “Kami memohon doa anak-anak yatim di sini, agar para wakil rakyat dari PDIP Demak tetap bisa mengabdi dan menjalankan amanah yang sudah diberikan masyarakat. Di samping tentunya agar masyarakat Kota Wali khususnya dan Indonesia pada umumnya terhindar dari wabah corona,” urainya.

Negeri ini sedang tidak baik-baik saja. Indonesia sedang sakit karena terjangan COVID-19. Maka doa anak yatim lah yang diharap paling diijabah Allah SWT, sehingga Ibu Pertiwi terhindar dari segala bencana.

Pada saat sama, kehadiran Bupati dr Hj Eisti’anah yang juga kader PDIP diharapkan mampu menumbuhkan semangat nasionalisme generasi muda Kabupaten Demak. “Beliau puteri daerah. Semoga semangat membangun daerah dan nasionalisme sebagai kader PDIP bisa ditularkan pada anak-anak yatim Panti Yatim Piatu Darrul Hadlonah,” imbuhnya.

Di akhir kunjungan, sebelum menyampaikan salam, anak-anak diajak memekikkan kata ‘Merdeka’. Semangat merdeka dari segala keterpurukan, bangkit bersama membangun daerah. “Merdeka!” Tandasnya. rie-yds