Ruang Literasi, Bimbel ala Mahasiswa KKN UNDIP di Boyolali

BOYOLALI (Jatengdaily.com) – Pandemi COVID-19 mengakibatkan dampak di berbagai bidang kehidupan. Salah satunya di bidang pendidikan, siswa tidak diperbolehkan belajar secara tatap muka di sekolah. Secara tidak langsung, siswa harus belajar menyesuaikan belajar secara daring.

Belajar secara daring dinilai kurang efektif bagi siswa, berbagai masalah pun timbul seperti kurangnya antusiasme siswa belajar secara daring, ketidakmampuan memahami materi dari guru dan juga disebabkan oleh faktor orang tua yang bekerja, sehingga sulit untuk mendampingi anak-anaknya belajar atau mengerjakan tugas sekolah.

Hal ini membuat salah satu mahasiswi KKN Undip Tim 1 Periode 2021 di Boyolali mengadakan program “Ruang Literasi”. Program kegiatan tersebut dilaksanakan di Dukuh Kedokan RT16/04. Kelurahan Klego, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali.

Program “Ruang Literasi” bimbingan belajar (bimbel) yang mengajak anak-anak untuk belajar bersama dan menanamkan budaya literasi kepada anak-anak agar menjadi generasi bangsa yang cerdas dan kreatif. Program kegiatan ini dilakukan di minggu ke-4 kegiatan KKN.

Program ini dilakukan untuk mendampingi anak-anak dalam mengerjakan tugas sekolah. Selain pendampingan belajar, kegiatan lain yang dilakukan anak-anak sekolah dasar yaitu latihan baca tulis, mendongeng dan berkreasi. Kegiatan ini juga diikuti oleh anak-anak sekolah menengah pertama, seperti halnya anak-anak sekolah dasar, selain pendampingan mengerjakan tugas sekolah kegiatan lain yang dilakukan yaitu latihan membuat puisi yang dilanjutkan dengan baca puisi.

Pada kegiatan baca tulis, anak-anak diminta untuk belajar menulis namanya masing-masing dan belajar membaca dengan cara mengeja tulisan pada kertas yang telah disediakan. Kegiatan mendongeng, anak-anak diperkenalkan dengan cerita rakyat dan fabel.

Bagi yang sudah bisa membaca, anak-anak dapat membaca cerita sendiri dan bagi anak-anak yang masih kesulitan membaca, didongengkan oleh mahasiswi KKN. Selanjutnya pada kegiatan berkreasi bertujuan untuk melatih keterampilan dan kreatifitas, anak-anak diajak untuk berkreasi membuat kincir angin dari kertas origami. Anak-anak terlihat bersemangat dan antusias dalam mengikuti setiap kegiatan di “Ruang Literasi”.

Diharapkan dengan program ini dapat membantu siswa dalam memahami materi sekolah yang diberikan oleh guru dan dapat membantu orang tua dalam mendampingi anak-anaknya mengerjakan tugas sekolah. Program ini bertujuan untuk menanamkan budaya literasi pada anak.

Dengan harapan agar anak-anak gemar membaca dan mengenal berbagai cerita rakyat nusantara. Selain itu anak-anak diharapkan dapat kreatif menulis melalui latihan menulis puisi. Melalui program kegiatan ini, diharapkan dapat mengembangkan kemampuan dan keterampilan anak-anak agar dapat berpikir secara cerdas dan kritis.
Penulis: Lia Aprilia Ningsih-yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here