Dekan FKG Unissula drg Suryono SH MM PhD (kiri) saat menyerahkan surat kelulusan sumpahwan. Foto: she

SEMARANG (Jatengdaily.com) –Keberhasilan seseorang tidak semata bermula dari nilai IPK tinggi dan lulusan dari mana tempat kampus menimba ilmunya. Itu nomer kesekian, yang utama adalah justru kejujuran, disiplin dan ketekunan dalam menjalani proses  meniti karier.

Demikian dikatakan oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, Muhammad Qomaruddin, S.T. M.Sc Ph.D, Selasa (28/9/2021), saat memberi sambutan dalam Pengambilan Sumpah Dokter Gigi Periode XXVIII Tahun 2021, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unissula.

Menurutnya, hal itu adalah berdasarkan penelitian di Amerika Serikat, dengan mengambil sampel sejumlah miliarder di sana. Hasilnya, faktor yang mampu membuat sukses mereka adalah justru dengan kejujuran,  kedisiplinan dan tekun. ‘’Bukan nilai yang tinggi atau kampus tempat kuliahnya,’’ jelasnya.

Hal itu pula yang dilakukan Unissula. ‘’Kerja dan disiplin yang keras inilah yang dilakukan Unissula untuk menghasilkan generasi khaira ummah, yang tidak hanya memikirkan duniawi, namun juga didampingi ahlak yang baik,’’ katanya.

Menurutnya, termasuk saat ini, bagaimana hampir dua tahun Unissula menerapkan pembelajaran daring di tengah pandemic Covid-19. Di satu sisi, terus berupaya  dalam mendukung program pemerintah,  Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM).

Dekan FKG Unissula drg Suryono SH MM PhD  pada kesempatan ini mengambil sumpah sebanyak 29 sumpahwan dan sumpahwati dokter gigi baru.

Upacara pengambilan sumpah berlangsung secara luring di kampus Jalan kaligawe, sementara orang tua dan keluarga wisudawan menyaksikan secara daring dari rumah. Sedangkan sampai saat ini, tercatat sebanyak 386 lulusan FKG yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dekan mengatakan, para dokter gigi baru yang telah disumpah, diharapkan tidak sekedar mencapai udisium tingkat fakultas, namun telah memiliki kompetensi standar nasional, yakni  Uji Kompetensi Dokter Gigi (UKDG).

‘’Sudah 11 tahun kami berdiri dan mendukung pemerintah dalam mencetak dan menyebarkan tenaga kesehatan di tanah Air. Apalagi mengingat mahasiswa kami berasal dari hampir semua pelosok Tanah Air. Misalnya, untuk angkatan yang disumpah kali ini ada yang dari Riau, Wakatobi Sulawesi Tenggara, dan Pontianak,’’ jelasnya.

Lebih lanjut menurutnya, lulusan FKG Unissula siap ditempatkan dimana saja, di selutuh Indonesia. Hal ini juga menjadi bagian dari keikutsertaan  dalam membangun bidang kesehatan di Tanah Air. Kondisi ini mengingat dokter gigi juga merupakan salah satu garda terdepan dalam melayani kesehatan masyarakat. She