Tanpa Sengketa, Gibran-Teguh Ditetapkan sebagai Wali Kota/Wawali Solo Terpilih

KPU Surakarta menetapkan Gibran-Teguh sebagai pemenang Pilkada Solo 2020. Foto: ig KPU Surakarta

SOLO (Jatengdaily.com) – Pasangan Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa, ditetapkan Komisi Pemilihan Umum sebagai pasangan calon wali kota-wakil wali kota (wawali) terpilih dalam Pilkada Surakarta 2020.

Penetapan tersebut dilakukan dalam rapat pleno terbuka di KPU Surakarta Kamis (21/1/2021). Penetapan ini berdasarkan SK KPU Nomor 01/PL.03.7-BA/3372/KPU-Kot/I/ 2021 tentang Penetapan Pasangan Calon Wali Kota dan Calon Wali Kota Terpilih Dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2020

Ketua KPU Kota Surakarta Nurul Sutarti menyatakan, KPU Surakarta menyelesaikan tahapan terakhir yakni penetapan paslon terpilih dalam Pilwalkot Surakarta 2020. Penetapan paslon terpilih tersebut, setelah dipastikan tidak ada sengketa atau tidak tercatat dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK).

KPU Surakarta menerima surat resmi dari KPU RI terkait BRPK dari MK pada Rabu (20/1/2021) malam. Sesuai ketentuan maka paling lama lima hari KPU Surakarta harus menetapkan paslon terpilih.

KPU Kota Surakarta selanjutnya pada Jumat (22/1), akan menyampaikan surat pengusulan pengangkatan pasangan calon terpilih Gibran-Teguh kepada DPRD Kota Surakarta, yang nantinya oleh DPRD akan diteruskan kepada Mendagri melalui Gubernur Jateng.

Dalam Pilkada Kota Surakarta 2020, berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Gibran-Teguh memperoleh 225.451 suara atau 86,53 persen. Sedangkan l Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) hanya memperoleh 35,055 suara atau 13,45 persen. yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here