Penyerahan bantuan hand sanitizer secara simbolis dari Ketua Tim Pengabdian Dr. Zaenal Arifin, S.H., M.Kn kepada Supriyanto Ketua RW 24 Kelurahan Sendangmulyo.

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Tingginya penyebaran COVID-19 di Kelurahan Sendangmulyo yang berturut-turut menyumbang penyebaran tertinggi se Kota Semarang.

Hal ini salah satunya disebabkan  akibat dari kurangnya kedispilinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dan tingginya mobilitas dari masyarakat Sendangmulyo yang terdiri dari berbagai jenis profesi mulai dari PNS, wiraswasta, pedagang, guru, dosen dan lain lain.

Jumlah penduduk Kelurahan Sendangmulyo yang berkisar 45 ribu jiwa juga merupakan salah satu penyebab tingginya angka penyebaran COVID-19 di Kota Semarang. 

Hal tersebut yang menjadikan dasar Tim Pengabdian Masyarakat Magister Hukum Universitas Semarang (USM) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Kelurahan Sendangmulyo.

Dalam melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat tersebut bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia Cabang Semarang, Puskesmas Kedungmundu, LPMK Sendangmulyo dan Kelurahan Sendangmulyo. 

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat  Dr. Zaenal Arifin, S.H., M.Kn menjelaskan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini sebagai salah satu perwujudan Tridharma Perguruan Tinggi.

Acara diisi dengan kegiatan sosilalisasi protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19 dan penyerahan bantuan hand sanitizer sejumlah 44 liter. Hand sanitizer yang telah dilengkapi bracket tersebut diharapkan dapat dipasang ditempat fasilitas umum dan strategis guna menghindarkan adanya penyebaran COVID-19.

”Dengan adanya sosialisasi protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19 dan bantuan hand sanitizer tersebut dapat membantu menurunkan angka penyebaran COVID-19 di Kelurahan Sendangmulyo,” jelasnya, Senin (11/1/2021).

Menurutnya, dalam kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan 1000  masker dari PMI Cabang Semarang yang diserahkan oleh Sekretaris PMI Cabang Semarang H. Surachman, S.IP kepada Lurah Sendangmulyo H. Soewito, S.Sos.

Juga diisi dengan sosialisasi protokol kesehatan oleh Kepala Puskesmas Kedungmundu dr. Gita  Nur Fitriandari.

dr Gita tidak henti-hentinya mengajak masyarakat agar dapat mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya yang paling ampuh dalam menekan penyebaran COVID-19.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dihadiri oleh anggota Komisi A DPRD Kota Semarang H. Bambang Sri Wibowo, S.Sos,  Sekretaris  PMI cabang Semarang H. Surachman, S.IP, Ketua LPMK Sendangmulyo H. Isdiyanto Isman, Lurah Sendangmulyo H. Soewito, S.Sos, Ketua PKK, Ketua RT dan Ketua RW Se Perumnas Sendangmulyo. she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here